• Home
  • Kilas Global
  • Alamak Salah Ucap, Presiden Jokowi Sebut Kota Padang Jadi Provinsi Padang...
Rabu, 19 Mei 2021 18:06:00

Alamak Salah Ucap, Presiden Jokowi Sebut Kota Padang Jadi Provinsi Padang...

NASIONAL, -  Presiden Joko Widodo sempat menyebut Kota Padang di Provinsi Sumatera Barat sebagai "Provinsi Padang". 

Hal itu diucapkannya saat memberikan sambutan usai meninjau lokasi pembangunan jalan tol Trans-Sumatera ruas Pekanbaru-Padang yang berada di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Rabu (19/5/2021). Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan, apa yang disampaikan Presiden Jokowi dalam sambutannya pada Rabu pagi itu merupakan salah ucap. Heru juga memastikan tidak ada alasan atau maksud tertentu dalam ucapan Jokowi. 

"Enggak ada (alasan tertentu). Iya (salah pengucapan). Maksudnya itu Provinsi Sumatera Barat. Kota Padang kan ada jalan tol dari Pekanbaru sampai ke Padang," tutur Heru saat dikonfirmasi wartawan.

Kesalahan ucap itu bermula ketika Presiden menyebutkan pembangunan ruas tol tersebut sudah berjalan sepanjang 40 kilometer. "Pagi hari ini saya mengunjungi dan melihat perkembangan pembangunan jalan tol Trans-Sumatera di ruas Dumai-Pekanbaru dan ini berada di sirip Pekanbaru-Bangkinang dan nanti ke arah Padang. Sudah berjalan kurleb 40 kilometer," ujar Jokowi dipantau dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden. 

Dirinya melanjutkan dengan pernyataan harapan agar pembangunan tol tersebut terus berkembang secara positif setiap hari. 

Sebab, terbukanya ruas-ruas jalan tol baru akan mempermudah mobilitas barang dan orang. Dengan begitu, produk yang dihasilkan di daerah-daerah yang terhubung dengan jalan tol dapat memiliki daya saing. Karena ruas tol yang dibangun saat ini akan menghubungkan Kota Pekanbaru dan Padang, Jokowi pun menyinggung soal daya saing produk dari kedua daerah yang masing-masing berada di Provinsi Riau dan Provinsi Sumatera Barat itu. Namun, Jokowi pada akhirnya menyebutkan kata "Provinsi Riau" dan "Provinsi Padang". 

"Produk-produk yang ada baik di Provinsi Riau dan di Provinsi Padang nantinya akan memiliki daya saing yang baik, terutama dalam rangka bersaing dengan produk dari negara-negara lain," tambah Presiden. Baca juga: Pembangunan Tol Pekanbaru-Padang Berjalan 40 Km, Jokowi Sampaikan Sejumlah Harapan Pernyataan Presiden ini pun menuai reaksi yang ramai di media sosial. Hingga pukul 13.50 WIB, "Provinsi Padang" menjadi trending topic di Twitter dengan 1.577 mention. Warganet menyayangkan salah ucap provinsi yang dilakukan oleh seorang kepala negara. 

Mereka pun menyematkan potongan video saat Jokowi mengucapkan "Provinsi Padang". Hingga berita ini ditulis, video kegiatan peninjauan Tol Trans-Sumatera yang diunggah di YouTube Sekretariat Presiden masih menampilkan kesalahan pengucapan Jokowi. Namun, dalam siaran pers tertulis Sekretariat Presiden, kesalahan pengucapan itu telah direvisi menjadi "Kota Padang". Demikian dilansir kompas. (*).


Share
Berita Terkait
Komentar
Copyright © 2012 - 2022 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.Jasa SEO SMM Panel Buy Instagram Verification Instagram Verified