• Home
  • Kilas Global
  • Imbas PPN Naik jadi 11 Persen Awal April Harga Motor Naik Hingga Jutaan Rupiah
Kamis, 07 April 2022 11:43:00

Imbas PPN Naik jadi 11 Persen Awal April Harga Motor Naik Hingga Jutaan Rupiah

NASIONAL, - Harga sepeda motor yang dijual di Indonesia mengalami kenaikan mulai dari ratusan ribu rupiah hingga tembus Rp4 juta per 1 April 2022.

Kenaikan harga menurut para tenaga penjual merek roda dua karena menyesuaikan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar satu persen menjadi 11 persen.

Tenaga penjual Honda misalnya yang menyebut kenaikan harga mulai dari Rp300 ribuan untuk produk Beat, kemudian PCX sekitar Rp700 ribuan, dan Forza tembus Rp4,1 juta.

"Jadi kenaikan beragam tergantung modelnya," kata salah satu tenaga penjualan pada stand Astra Honda Motor (AHM) yang enggan disebutkan namanya ditemui Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022, di Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (4/4).

Menurutnya, kenaikan harga lebih tinggi untuk motor-motor premium dengan status motor impor.

Sementara itu, Kawasaki juga menaikkan harga jual produknya seperti KLX naik Rp800 ribuan hingga ZX25R kenaikan sebesar Rp3 jutaan.

" Kenaikan ini bervariasi, semua sudah dimulai sejak 1 April," kata tenaga penjual pada stan Kawasaki.

Berikutnya merek Yamaha terpantau juga mengubah harga. Namun, dengan kenaikan yang relatif terjangkau atau rata-rata ratusan ribu rupiah.

Tenaga penjual pada stan Yamaha memberi contoh kenaikan harga pada model NMax Rp200 ribu hingga Rp300 ribuan, kemudian Gear kenaikan Rp200 ribuan, dan XMax Rp300 ribuan.

Tenaga penjual Yamaha itu mengatakan kenaikan tidak terlalu tinggi sebab pada Maret 2022, pihaknya telah mengerek harga jual duluan.

" Karena kan motor Yamaha sebelumnya sudah naik duluan. Jadi kami naik dua kali, Maret dan pas sekarang yang karena PPN," ucap dia. Demikian melansir CNN Indonesia. (*).

Share
Berita Terkait
Komentar
Copyright © 2012 - 2022 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.Jasa SEO SMM Panel Buy Instagram Verification Instagram Verified