• Home
  • Kilas Global
  • Lhoo? Apartemen Tanpa Kamar Mandi Kini Tengah Populer di Kalangan Anak Muda Jepang
Selasa, 24 Januari 2023 13:18:00

Lhoo? Apartemen Tanpa Kamar Mandi Kini Tengah Populer di Kalangan Anak Muda Jepang

Lhoo? Apartemen Tanpa Kamar Mandi Kini Tengah Populer di Kalangan Anak Muda Jepang

DUNIA, SERBSERBI, - Di Jepang kini sedang populer apartemen yang tak menyediakan kamar mandi? Kok, bisa?

Dilansir SoraNews24, beberapa anak muda di Negeri Matahari Terbit tersebut justru mencari apartemen tanpa kamar mandi. TV Asahi Jepang memberitakan bahwa kondisi keuangan menjadi alasan mengapa sekarang banyak anak muda yang mencari apartemen dengan fasilitas tersebut.

Saat ini, warga Tokyo berusia 20 tahunan yang menyewa apartemen tanpa kamar mandi hanya perlu membayar biasa sewa sebesar 32 ribu yen atau sekitar Rp 3,6 jutaan per bulan. Lokasinya pun tak jauh dari Stasiun Nerima, dan hanya perlu menempuh waktu 10 menit naik kereta ke pusat Kota Tokyo.

Penghuni apartemen tanpa kamar mandi lainnya yang berada tak jauh dari Stasiun Tabata di jalur Yamanote, juga menyewa apartemen yang sama murahnya, yaitu hanya sekitar 33 ribu yen atau sekitar Rp 4 jutaan per bulannya. Harga ini sangat jauh berbeda dengan apartemen yang memiliki fasilitas lengkap dan biasanya dibanderol paling murah Rp 10 juta per bulannya.

Meskipun apartemen tanpa kamar mandi kini tengah populer di Jepang, bukan berarti para penyewanya tak bisa mandi. Sebab, masih banyak sento atau pemandian umum di kota-kota di Jepang yang bisa menjadi alternatif para penghuni apartemen untuk mandi.

Bahkan, ada situs Tokyo Sento Fudosan (Real Estate Pemandian Umum Tokyo) yang sengaja hadir untuk membantu para penyewa menemukan apartemen tanpa kamar mandi, yang berada tak jauh dari pemandian umum. Menurut Tokyo Sento Fudosan, kesulitan ekonomi tak selalu menjadi penyebab orang-orang mencari apartemen dengan biaya sewa murah. Justru sebaliknya, banyak juga orang yang mencari apartemen jenis ini karena suka dengan suasana retro yang ditawarkan.

Apartemen tanpa kamar mandi hadir dan jauh lebih umum sejak dua atau tiga generasi yang lalu. Zaman dahulu, orang-orang bahkan pergi mandi ke sento dengan membawa sabun, sampo, handuk, dan pakaian ganti di dalam bak kecil. Mandi di sento juga menjadi waktu mereka untuk lebih santai dan mengistirahatkan tubuh.

Meskipun sento tidak semewah resor mata air panas yang memiliki fasilitas lengkap, tetapi bathtub yang disediakan cukup besar untuk kamu berendam, dibandingkan dengan yang ada di apartemen. Kamu juga tak perlu khawatir, meskipun di pemandian umum, tetapi kamu tidak harus berbagai bak mandi dengan banyak orang pada waktu tertentu, sehingga lebih bisa bersantai dan menenangkan pikiran.

Tokyo Sento Fudosan mengatakan bahwa biaya sewa apartemen yang murah juga membuat orang-orang mendapatkan fleksibilitas finansial yang lebih besar, dan memungkinkan para penyewa menggunakan uang mereka untuk hobi, investasi, atau tabungan. Populernya menyewa apartemen tanpa kamar mandi ini juga menimbulkan pro kontra di kalangan masyarakat. Meski banyak yang melihat keuntungan dari hidup dengan cara ini, ada pula yang mengatakan bahwa hal tersebut bukan sesuatu yang ingin mereka lakukan.

"Saya benar-benar tidak bisa berhenti mencoba mengubah kemiskinan orang miskin menjadi hal yang positif," kata salah satu netizen.

"gaya hidup seperti ini hanya menyenangkan di awal untuk sementara," ujar lainnya.

"Saya iri dengan orang-orang yang bisa pulang kerja cukup awal untuk pergi ke sento sebelum tutup," kata netizen lainnya.

"Jika seseorang membuat gedung apartemen tanpa kamar mandi, dan juga menjalankan sento dan toko serba ada di lantai pertama gedung, saya yakin banyak orang yang ingin tinggal di sana," komentar netizen.

Nah, jika kamu ingin mencoba tinggal di apartemen tanpa kamar mandi di Jepang, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menandatangani kontrak sewa. Salah satu yang perlu diingat adalah jika tidak semua sento buka 24 jam. Selain itu, jalan-jalan sore ke pemandian kurang menarik saat cuaca dingin, hujan atau bersalju.

Terakhir, harga untuk sekali mandi di sento adalah 500 yen atau sekitar Rp 60 ribu. Jadi, jika kamu mandi setiap hari, kamu harus menganggarkan biaya sebesar 15 ribu yen atau sekitar Rp 1,8 juta per bulan. Tertarik tinggal di apartemen tanpa kamar mandi di Jepang ini?. *

Share
Komentar
Copyright © 2012 - 2023 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.Jasa SEO SMM Panel Buy Instagram Verification Instagram Verified