• Home
  • Kilas Global
  • Negara Rusia Putus Pasokan Listrik ke Finlandia Sehari Setelah Mau Gabung NATO
Minggu, 15 Mei 2022 18:10:00

Negara Rusia Putus Pasokan Listrik ke Finlandia Sehari Setelah Mau Gabung NATO

DUNIA, - Rusia akan menangguhkan pasokan listrik ke Finlandia mulai Sabtu ini, 14 Mei 2022. Pemutusan pasokan listrik menyusul meningkatnya ketegangan karena tawaran NATO agar Helsinki bergabung.

" Kami terpaksa menangguhkan ekspor listrik mulai 14 Mei," kata RAO Nordic, anak perusahaan energi negara Rusia yang memegang Inter RAO yang menjual listriknya di pasar Nordik.

Perusahaan RAO Nordic menyatakan penangguhan listrik karena mereka tidak menerima pembayaran pada Mei 2022. "Situasi ini luar biasa dan terjadi untuk pertama kalinya dalam lebih dari 20 tahun sejarah perdagangan kami," kata RAO Nordic. Perusahaan berharap situasinya segera membaik dan perdagangan dapat dilanjutkan.

Operator jaringan listrik Finlandia mengatakan akan dapat bertahan tanpa listrik Rusia. "Kami siap untuk ini dan itu tidak akan sulit. Kami dapat melakukan sedikit lebih banyak impor dari Swedia dan Norwegia," kata manajer perencanaan operasional Fingrid Timo Kaukonen. Sekitar 10 persen listrik yang dikonsumsi di Finlandia berasal dari Rusia.

Pengumuman pemutusan pasokan listrik datang satu hari setelah para pemimpin Finlandia menyatakan ingin bergabung dengan NATO. Keinginan untuk bergabung dengan NATO terjadi karena Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022.

Kremlin telah memperingatkan Rusia akan bahwa keanggotaan NATO oleh Finlandia sebagai ancaman. Sementara Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan Moskow akan dipaksa untuk mengambil langkah timbal balik, teknis militer dan lainnya, untuk mengatasi ancaman. Demikian tempo. (*).

Share
Berita Terkait
  • 6 hari lalu

    Ngeri, Riset Misteri di balik kematian para jenderal Rusia di Ukraina

    DUNIA, - Ketika sebuah jet tempur canggih Su-25 milik Rusia ditembak jatuh di atas wilayah Donbas, Ukraina, Mei lalu, serangkaian pertanyaan tentang pilot pesawat itu mencuat.

  • 3 tahun lalu

    Presiden Putin Dipastikan Akan Berkunjung ke Indonesia

    NASIONAL, - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menyebutkan Presiden Rusia Vladimir Putin berencana mengunjungi Indonesia pada tahun depan.

    "Pr

  • 4 tahun lalu

    Putin dan Khabib: Ketika Mulut Islamopobia McGregor Terkatup

     
    DUNIA, - Pada pertengah 60-70 an ada si mulut besar dalam olah keras, yakni tinju, yang bernama Muhammad Ali. Dia selain jago berbaku pukul, dia mampu
  • 4 tahun lalu

    Easy, breezy visa application to Russia

    KUALA LUMPUR, MALAYSIA -- 8 September 2018 - From today, Malaysians travelling to the Russian Federation will enjoy a simplified visa application process. A brief ceremony
  • Komentar
    Copyright © 2012 - 2022 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.Jasa SEO SMM Panel Buy Instagram Verification Instagram Verified