• Home
  • Kilas Global
  • Studi dari The Journal of Nutrition: minyak kelapa sawit minyak goreng terburuk untuk kadar kolesterol Jahat
Selasa, 15 Februari 2022 15:36:00

Studi dari The Journal of Nutrition: minyak kelapa sawit minyak goreng terburuk untuk kadar kolesterol Jahat

NASIONAL, KESEHATAN, -  Kolesterol tinggi adalah salah satu ancaman terbesar untuk kesehatan jantung. Ketika kolesterol tinggi, timbunan lemak akan mengganggu aliran darah di pembuluh yang menuju jantung. Salah satu penyebab tingginya kadar kolesterol tinggi adalah pola makan yang buruk, termasuk penggunaan minyak goreng.

Sebagian besar orang di Indonesia menggunakan minyak kelapa sawit untuk memasak. Menurut sebuah studi dari The Journal of Nutrition, minyak kelapa sawit adalah salah satu minyak goreng terburuk untuk kadar kolesterol karena lemak jenuhnya sangat tinggi.

Studi Journal of Nutrition menemukan bahwa dibandingkan dengan minyak nabati yang lebih rendah lemak jenuhnya, mengonsumsi minyak kelapa sawit secara signifikan meningkatkan kadar Kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL).

Menurut Harvard Health, lemak jenuh yang ditemukan dalam minyak kelapa sawit, minyak kelapa, daging merah, mentega, dan sebagian besar es krim, berbahaya bagi kesehatan secara keseluruhan. Karena itulah makanan tersebut sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedang. Dan meskipun secara teknis tidak seburuk lemak trans, minyak kelapa sawit dan lain-lain masih terbukti meningkatkan kadar kolesterol.

Mengganti minyak kelapa sawit dengan lemak tak jenuh dapat membantu mengurangi risiko kolesterol tinggi. Dalam analisis 2018 yang diterbitkan dalam Journal of Lipid Research, para peneliti menemukan bahwa minyak biji seperti bunga matahari, rapeseed atau biji lobak, dan minyak biji rami adalah yang terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol.

Lemak tak jenuh lainnya, seperti minyak zaitun, masih bagus tetapi kinerjanya tidak lebih baik daripada minyak biji-bijian. Analisis ini juga menegaskan bahwa lemak jenuh seperti mentega adalah yang terburuk untuk menurunkan kolesterol.

Jadi, jika sedang berjuang dengan kolesterol tinggi atau tahu memiliki risiko kolesterol tinggi, pilihan minyak goreng membuat perbedaan yang signifikan dalam kesehatan jantung. Cobalah mengganti minyak kelapa sawit atau mentega dengan sesuatu yang lebih menyehatkan seperti minyak biji lobak, bunga matahari, atau minyak zaitun untuk memasak di rumah. Demikian kompas. (*).

Share
Berita Terkait
  • 4 bulan lalu

    Pantau harga Minyak Goreng Rp14 Ribu, Disperindag Dumai Sidak ke pengecer, distributor dan pedagang? Tapi Hanya Berlaku di Ritel Modern?

    DUMAI - Pemerintah mulai memberlakukan kebijakan minyak goreng Rp14.000 per liter hari ini, Rabu (19/01/2022) dan berlaku di seluruh Indonesia sesuai dengan kebijakan yang disam

  • 4 bulan lalu

    Operasi Pasar, Sebanyak 73 Ribu Liter Minyak Goreng Murah Sudah Terjual di Riau

    RIAU, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melibatkan pihak swasta terutama perusahaan yang ada di Riau untuk melaksanakan operasi pasar minyak goreng. Hal tersebut di

  • 3 tahun lalu

    Apa iya Minyak Goreng Curah "Haram"?, Ini Buktinya

    NASIONAL, KESEHATAN, - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita berharap pada Januari 2020 tak ada lagi minyak goreng dalam bentuk curah.

    Hal ini menurutnya merupakan upaya

  • 3 tahun lalu

    Mendag: Minyak Goreng Curah Tak Sehat, Tak Dijamin Halal

    NASIONAL, - Mulai 1 Januari 2020 nanti, pemerintah melarang penjualan minyak goreng curah. Per tahun depan, semua minyak goreng wajib berkemasan. Publik silakan curiga, ini poli

  • Komentar
    Copyright © 2012 - 2022 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.Jasa SEO SMM Panel Buy Instagram Verification Instagram Verified