Jumat, 10 Juni 2016 10:50:00

Buka Puasa Sehat

Begini Takaran Porsi Sajian Buka Puasa yang Pas dan Sehat

JAKARTA-  Untuk berbuka puasa, disarankan Anda tak kalap supaya pencernaan tak 'kaget'. Tapi jangan pula terlalu sedikit karena tubuh butuh nutrisi. Lantas seperti apa yang pas?

Disampaikan oleh Dr dr Saptawati Bardosono, MSc dari Fakultas Kedokteran UI dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta, saat berbuka puasa Anda dapat mengonsumsi tiga buah kurma.

"Kurma kaya akan kandungan energi dan serat. Jangan lupa disertai segelas air putih. Setelah salat maghrib, dapat disantap menu makan malam yang mengandung kalori yang sesuai dan zat gizi lengkap serta segelas air putih lagi dan tak lupa buah," papar dokter yang akrab dr Tati tersebut kepada detikHealth.

Ia melanjutkan, selama salat tarawih jangan lupa minum air putih. Kemudian sepulang dari salat tarawih Anda juga bisa kembali mengonsumsi kudapan atau camilan, disertai segelas susu.

Berpuasa selama sehari penuh berarti Anda tidak minum air dalam waktu tersebut, oleh sebab itu Anda dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan hidrasi tersebut selama sahur dan berbuka.

"Selama puasa mungkin tidak akan tercukupi minum sebanyak 8 gelas sehari. Maka dari itu saat puasa dianjurkan untuk minum air setidaknya 6 gelas seharinya agar tubuh tidak terdehidrasi," pesan dr David Fadjar Putra, MS, SpGK, dari RS Pondok Indah. (*).

Share
Berita Terkait
  • 6 bulan lalu

    Polsek Ujungbatu Peduli Terhadap Pengguna Jalan Raya Yang Sedang Berpuasa, Dengan Berbagi Takzil

    Rokan hulu, RiauOne.Com - Polsek Ujungbatu berbagi takzil dan mie instan untuk pengguna jalan raya yang melintas di jalan jendral Sudirman depan Mako Polsek Ujungbatu, Sabtu (9/

  • 6 bulan lalu

    Kapolsek Kabun Iptu Aguswandi SH Ajak Masyarakat Untuk Meningkatkan Amal Ibadah Pada Bulan Ramadhan

    Rokan hulu, RiauOne.Com - Kapolsek Kabun Iptu Aguswandi SH, pada kesempatan bulan suci Ramadhan 1443 H ini membagikan Takzil dan masker kepada pengguna jalan raya, untuk memperm

  • 6 bulan lalu

    Kapolsek Tandun Iptu Ulik Iwanto ; Mari Kita Tingkatkan Amal Ibadah, Apalagi Di Bulan Suci Ramadhan Ini

    Rokan Hulu, RiauOne.Com.Comel - Kapolsek Tandun Iptu Ulik Iwanto SH didampingi Kanit Lantas Iptu Nanang Pujiono SH, beserta anggota Polsek Tandun, membagikan Takzil dan juga mas

  • tahun lalu

    Data 279 Juta Peserta BPJS Kesehatan Bocor diperjualbelikan di situs asing

    Ahli Siber Sebut Ada Unsur dari Sisi SDM yang Sebabkan Bocornya Data 279 Juta Peserta BPJS Kesehatan

    NASIONAL, - Kepala Indonesia Cyber Security Forum, Ardi Sutedja, angka

  • Komentar
    Copyright © 2012 - 2022 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.Jasa SEO SMM Panel Buy Instagram Verification Instagram Verified