• Home
  • Hukrim
  • Hati-hari Oli Palsu Marak Beredar, Ada Produsen Oli Resmi Terlibat Dibongkar Bareskrim Polri Pelaku untung Rp20 Miliar Per Bulan
Rabu, 06 Desember 2023 08:47:00

Hati-hari Oli Palsu Marak Beredar, Ada Produsen Oli Resmi Terlibat Dibongkar Bareskrim Polri Pelaku untung Rp20 Miliar Per Bulan


NASIONAL, -  Boleh percaya atau tidak, maraknya peredaran oli palsu ternyata turut melibatkan produsen oli resmi! Peredaran oli palsu di pasaran masih menjadi hal yang bikin khawatir para bikers atau pengguna motor.

Oli palsu juga bisa jadi ancaman serius industri otomotif termasuk pemilik kendaraan. Kasus oli palsu pun sudah beberapa kali dibongkar kepolisian.

Bareskrim Polri sendiri pernah mengungkapkan, ternyata ada keterlibatan produsen oli resmi di balik peredaran oli palsu. Pada April 2023, Polisi berhasil menangkap pelaku pemalsu pelumas di daerah Tangerang, Banten.

Diperkirakan pemalsu tersebut meraup omzet sebesar Rp 16,5 Miliar. Sedangkan bulan Juni 2023, polisi kembali meringkus oknum pembuat pelumas palsu di daerah Sidoarjo, Jawa Timur.

Bahkan omzet yang didapat pelaku lebih besar yakni sebesar Rp20 Miliar per bulan dari tiga gudang.

Kasubdit I Dittipidter Bareskrim Polri Kombes Pol Indra Lutrianto Amstono mengungkapkan adanya dugaan permainan orang dalam dalam beredarnya oli palsu.

"Tentunya kami belum bisa memastikan adanya mafia atau tidak, dari kasus tersebut memang kami bicara dengan pengungkapan perkara yang telah kami ungkap itu berawal dari adanya laporan dan kemudian memang rupanya ada persengkongkolan antara berapa orang, baik itu perusahaan produsen resmi dengan para pemain oli palsu," ujar Indra di Jakarta Selatan, Kamis (24/8/2023) silam.

Indra menambahkan, produsen oli asli dan palsu ini berkolaborasi sehingga berhasil diungkap kemarin di Sidoarjo.

"Jadi ada produsen asli dengan para pemain oli palsu sehingga dia berkolaborasi untuk menciptakan yang palsu," jelasnya lagi. (*)
Share
Berita Terkait
  • 7 bulan lalu

    Penting, Pakai Lampu Senter Saja bisa Bedakan Oli Palsu atau Tidak


    TEKNO, - Pemilik bengkel motor kasih trik untuk deteksi oli palsu cuma modal lampu, emang bisa? Peredaran oli palsu masih marak dan mengh
  • Komentar
    Copyright © 2012 - 2024 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.Jasa SEO SMM Panel Buy Instagram Verification Instagram Verified