• Home
  • Jambi
  • Pembangunan jalur KA Jambi masih tahap sosialisasi
Minggu, 02 Agustus 2015 06:50:00

Pembangunan jalur KA Jambi masih tahap sosialisasi

KA. ilustrasi
RIAUONE.COM, JAMBI, ROC, - Pembangunan jalur kereta api trans Sumatera di Jambi masih tahap sosialisasi pembebasan lahan oleh Kementerian Perhubungan RI kepada masyarakat pemilik lahan yang terkena jalur KA tersebut.
 
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jambi, Sri Sapto Edi, Kamis mengatakan, sosialisasi dilakukan di daerah yang rencananya akan dibangun rel kereta api sepanjang 200 kilometer itu.
 
"Tim dari Kementerian Perhubungan RI sudah mulai melakukan sosialisasi terkait rencana pembangunan rel kereta api itu. Tim pembebasan lahan itu sudah bekerja," kata Sapto Edi di Jambi.
 
Rencana pembangunan Trans Sumatera Railway untuk rel kereta api Palembang-Jambi telah menjadi rencana pemerintahan Presiden Jokowi.
 
Kementerian Perhubungan RI sebelumnya hanya memberi waktu pembebasan lahan selama 374 hari sejak MoU ditandatangani lima Provinsi termasuk Jambipada 27 Januari lalu.
 
Namun Jika dilihat dari target itu, akan sulit pembebasan lahan rel kereta api di Jambi selesai sesuai permintaan Kementerian Perhubungan. Pasalnya, sosialisasi rencana pembangunan oleh tim baru akan selesai akhir 2015. Ditambah lagi adanya masyarakat yang tidak terima lahannya digunakan untuk pembangunan rel kereta api.
 
Sebelum Hari Raya Idul Fitri kemarin, kata Sapto, Tim dari Kementerian masih melakukan sosialisasi di Jambi. Yang disosialisasikan pun baru beberapa persen saja.
 
"Akhir tahun 2015 insya Allah sosialisasinya selesai, dalam waktu dekat ini mungkin mereka melakukan sosialisasi lagi. Kita sebagai Tim dari Jambi selalu membantu mereka," katanya.
 
Seperti diketahui, jalur kereta api di Jambi sepanjang 200 kilometer akan melintasi mulai dari Desa Suban, Kabupaten Tanjab Barat melewati Sengeti Kabupaten Muarojambi. Kemudian dari Kabupaten Muarojambi masuk ke Kota Jambi dan selanjutnya melaju ke Kertapati Sumatera Selatan melalui Kecamatan Tempino, yang juga masuk Kabupaten Muarojambi.
 
Pembangunan rel kereta api di Jambi ini merupakan bagian dari pembangunan proyek lintas timur, yang menghubungkan Sumatera Selatan, Jambi dan Riau.
 
Sementara jalur barat akan dibangun rel kereta api di Sumatera Utara yang menghubungkan ke Sumatera Barat dan Riau. Sehingga lima Provinsi tersebut akan terkoneksi.
 
Selain itu di juga akan dibangun stasiun-stasiun kecil mulai dari Palembang-Riau. Dan khusus di Jambi, stasiun kereta akan dibangun di Pall 10 Kota Jambi. (roc/ant)
Share
Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Penting!!! Jangan Pernah Campur 2 Bahan ini Saat Makan Alpukat, Efeknya Bisa Bikin Menyesal Seumur Hidup!

    KESEHATAN, - Alpukat merupakan buah yang bisa diolah menjadi berbagai sajian lezat. Misalnya buah alpukat dijadikan jus atau campuran es buah.

    Umumnya alpukat dikonsumsi d

  • 3 hari lalu

    Berikut Pengumuman Bantuan Beasiswa Tahun 2022

    BENGKALIS, - Dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Bengkalis, Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis Kembali meny

  • 6 hari lalu

    Ketua Bhayangkari Ranting Polsek Tandun Ibu Sri Ulik Iwanto Bersama Anggota Laksanakan Baksos Sambut HKGB Ke 70

    Rokan Hulu, RiauOne.Com - Ketua Ranting Bhayangkari Polsek Tandun Ibu Sri Ulik Iwanto pada hari Jumat (5/8/2022) melaksanakan kegiatan Bakti Sosial dalam rangka menyambut pering

  • 6 hari lalu

    Kenapa? Pasangan Kekasih Ini Tewas di Hotel Tanpa Busana

    HUKRIM, -  Viral kabar penemuan jenazah sepasang kekasih di dalam kamar hotel. Keduanya ditemukan tewas tanpa mengenakan busana. Status Facebook sang pria pun menjadi petun

  • Komentar
    Copyright © 2012 - 2022 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.Jasa SEO SMM Panel Buy Instagram Verification Instagram Verified