Jumat, 19 Juni 2015 09:39:00

Mau Puasa Lebih Singkat?

ippho santosa
Di Indonesia, muslim cukup berpuasa Ramadhan sekitar 13 jam saja. Di negara-negara lain? Bisa lebih lama. Saya pribadi pernah berpuasa Ramadhan di beberapa negara, semisal Arab Saudi, Hongkong, Jepang, dan Amerika. Yah, memang lebih lama. Kota seperti Stockholm bahkan sampai 20 jam! Tentu, yang berpuasa lebih lama beroleh keutamaan tersendiri. Namun kita yang berpuasa lebih singkat sudah sepantasnya mensyukuri.
 
Negara-negara dengan empat musim, ketika musim dingin tiba, Anda memerlukan ekstra semangat ketika berwudhu di pagi hari dan malam hari. Dinginnya luar biasa! Kalau belum terbiasa, gigi Anda bisa gemeretak. Saya pernah berwudhu subuh-subuh di kaki bukit Tursina (Sinai). Selesai berwudhu, saya sampai memukul-mukulkan kedua tangan saya keras-keras. Kenapa? Dinginnya luar biasa, sampai-sampai tangan saya merasa kesakitan! 
 
Indonesia memang surga dunia. Di Dubai dan Qatar, mereka sampai membuat bukit hijau buatan. Di Hongkong, mereka sampai membuat pantai halus buatan. Di Singapura dan Belanda, agar daratan lebih luas, mereka sampai menguruk laut. Kita? Tidak perlu melakukan itu semua. Kalaupun ada, hanya sedikit saja dan kurang urgent. Sudah sepantasnya kita lebih bersyukur.
 
Oya, Anda ingin berpuasa lebih singkat? Lebih sebentar? Ternyata ada solusinya! Gimana caranya? Pertama, Anda harus memiliki paspor yang masih berlaku. Kedua, Anda harus membeli tiket pesawat seharga belasan juta. Terus, Anda flight ke Chile, salah satu negara di Amerika Selatan. Di sana, puasanya tidak sampai 10 jam. By the way, wacana ini cuma becanda. Manalah mungkin orang berangkat ke sana semata-mata karena ingin berpuasa lebih singkat, hehehe. Sekali lagi, mari kita lebih bersyukur atas karunia Sang Pencipta yang diberikan untuk bumi Indonesia. (*).
 
#Ippho Santosa adalah trainer dan penulis
Share
Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Starlink Masuk Indonesia, Telkomsel dan Biznet Gamang Bisnis Internet ada Pesaing Baru, Konsumen diuntungkan?

    NASIONAL, BISNIS, -  Pasca layanan internet via satelit milik Elon Musk yaitu Starlink resmi hadir di Indonesia, sejumlah perusahaan penyedia layanan internet (Internet Ser

  • Komentar
    Copyright © 2012 - 2024 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.Jasa SEO SMM Panel Buy Instagram Verification Instagram Verified