Senin, 20 April 2015 09:17:00

Membaca Peta Politik Kampar Pasca Jefri Noer

ilustrasi
RIAUONE.COM, KAMPAR, ROC, - Peta persaingan untuk memperebutkan posisi Kepala Daerah pada Pilkada Kabupaten Kampar tahun 2016 mendatang mulai bermunculan. Selain sudah memunculkan nama-nama bakal calon (Balon) yang sudah familiar, terdapat juga aturan lain dari Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) nomor 1 dan 2 tahun 2014.
 
Sebagian kalangan pun mulai melakukan pengamatan serta perhitungan sistematis, terhadap keberlangsunngan Pilkada Kampar. Salah satunya, dari Forum Komunikasi Aktivis Rakyat Riau.
 
"Untuk Pilkada Kabupaten Kampar, dengan berlakunya Perppu nomor 1 tahun 2014 tentang Pilkada dan Perppu nomor 2 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, hal ini sangat menarik untuk dikorelasikan dengan konstalasi poltik di 4 Kabupaten/Kota di Riau,"Tarmizi Ketua Bidang Komunikasi Politik Forkom ARR
 
Khusus di Kampar, dengan berlakunya Perppu itu membuat peta persaingan yang akan menjadi orang nomor 1 semakin menarik. Karena dari beberapa nama-nama populer, seperti Ahmad Fikri ( Ketua DPRD Kampar ), Zulher (Kadisbun Riau) lalu Eva Yuliana Jefry (Anggota DPRD Riau) kemudian Abdul Gafar Usman (Anggota DPD RI perwakilan Riau). Kemudian ada juga dari petinggi Parpol, yakni Juharman Arifin (petinggi di MPP Partai PAN), Herman Gazali (Sekretaris PAN Riau). Ada H. Masnur, SH, Alfisahri,  Semua nama itu diprediksi akan berubah petanya. 
 
Namun ada yang menarik dari sederet nama-nama Balon tersebut. Eva Yuliana, yang merupakan istri dari Bupati Jefry Noer, sekaligus sebagai Anggota DPRD Riau, kemungkinan besar langkahnya akan terganjal dengan adanya Perppu tersebut.
 
"Karena berdasarkan Perppu, istri dan anak Kepala Daerah tidak dapat maju pada Pilkada selanjutnya. 
 
Dengan berlakunya Perppu diatas, otomatis peta kekuatan partai dan personal Balon Bupati akan berubah secara signifikan dan secara matemais belum ada Balon yang dominan untuk menggantikan Jefri Noer.
 
Lebih lanjut menurut Tarmizi , berdasarkan pantauan dan angket yang disebar Forkom ARR, saat ini ada beberapa  nama yang keluar ditengah-tengah masyarakat untuk mengisi kursi nomor 1 di Kabupaten kampar.
 
Dengan komposisi kursi legislatif di DPRD, partai Golkar yang meraih 9 kursi merupakan satusatunya partai yang dapat mengusung calonnya tanpa harus berkoalisi.
 
"Hasil pengamatan kita, ada 4 nama yang digadang-gadang akan maju menggunakan perahu partai berlambang beringin tersebut. Diantranya yakni Ahmad Fikri, Zulher, Masnur, dan Abdul Gafar Usman," bebernya.
 
Sedangkan untuk Demokrat, yang hanya berhasil meraih 7 kursi di DPRD mengharuskan mereka untuk berkoalisi, agar tercapainya syarat mengusung kader harus dengan total minimal meraih kursi sebanyak 20 persen di DPRD.
 
"Kalau untuk Demokrat nama yang muncul dari internal yakni Eva. Tapi kita masih meragukan karena terbitnya Perppu nomor 1, maka langkah Eva diprediksi 90 persen akan tertahan," sebutnya lagi.
 
Sementara itu, ada 2 nama lain dari kalangan Birokrat serta 1 nama lagi dari Legislatif Riau, yang bisa menggeser Eva sebagai Calon Bupati Kampar dari partai Demokrat. Diantaranya yakni Ilyas Husti ( Direktur Pasca Sarjana UIN Suska Riau ) dan Zulfadil (Kadisdik Pekanbaru) lalu Nasril (Anggota DPRD Riau)
 
"Selain Golkar dan Demokrat kita juga menganalisa ada 3 partai lainnya yang memiliki 5 kursi di DPRD seperti Hanura, PAN, Gerindra sudah memunculkan nama untuk mereka usung sebagai Balon Bupati dari partai masing-masing. partai PAN, keluar nama Juherman Arifin , Herman Gazali dan Yujarni Moga." tambahnya.
 
Dari partai Hanura ada muncul nama dari kalangan muda, yakni Firman Wahyudi (Anggota DPRD Kampar sekaligus Sekretaris DPD Hanura Riau) juga ada lagi nama lainnya yakni Zulkfli (Anggota DPRD Kampar sekaligus Ketua DPC Hanura Kampar).
 
"Kalau Gerindra, dari pantauan kami sudah ada nama Balonnya.. Dan dua nama ini yang cukup kuat. Yakni Faisal, sebagai Wakil Ketua DPRD Kampar dan Fery, Ketua DPC Gerindra Kampar." paparnya jelas.
 
Dari seluruh angket tersebut, Forkom ARR  juga merilis nama Balon Bupati Kampar lainnya, nama-nama berikut merupakan calon lain  yang masuk jadi bursa calon Bupati Kampar. Diantaranya Alfisyahri, Aziz Zainal dari PPP, Luthfi dari Pengusaha, dan Dedi Suheri, Triska Felly  dan  Maamun Solihin dari PDI Perjuangan, Ada Ilyas Hu dari Nasdem. (abu)
Share
Berita Terkait
  • 11 bulan lalu

    Malang-nya Nasib Petani Padi di Indonesia, Pemerintah Resmi Putuskan Impor beras 2 Juta Ton

    NASIONAL, BISNIS, - Pemerintah resmi memutuskan untuk kembali impor beras. Volume impor beras kali ini mencapai 2 juta ton.

    Berdasarkan salinan surat penugasan yang diteri

  • tahun lalu

    Kapolsek Ujungbatu Bersama Anggota Reskrim Raih Gelar Magister Ilmu Hukum Dari UIR Pekanbaru

    Pekanbaru, RiauOne.Com - Pendidikan adalah salah satu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi untuk meningkatkan cara berpikir dan problem solving seseorang. Meskipun sudah berprofe

  • 3 tahun lalu

    Lembaga Survei SMRC Paparkan Data: Semakin Banyak Warga Takut Bicara Politik dan Ditangkap

    NASIONAL, - Lembaga survei Saiful Mujani Research Center merilis hasil persepsi masyarakat teranyar terhadap situasi politik saat ini. Dari penjaringan opini mereka, semakin ban

  • 3 tahun lalu

    Anggota DPRD Bengkalis Tinjau Jembatan I Petani

    BENGKALIS DURI, PARLEMEN, - Keresahan masyarakat di Desa Petani, serta keluhan pengguna Jalan Jurong arah dari Simpang Tiga Petani, kini me

  • Komentar
    Copyright © 2012 - 2024 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.Jasa SEO SMM Panel Buy Instagram Verification Instagram Verified