Minggu, 29 Juni 2014 08:56:00

Pemimpin yang Ambisius di Benci Allah

riauone.com, - Ambisi yang berlebihan menjadikan seseorang melakukan beragam cara untuk meraih jabatan yang diinginkannya. Tak jarang cara yang dilakukan menjurus ke arah yang dilarang oleh Allah SWT.
 
Abdurrahman bin Samurah R.A. berkata "Rasulullah SAW bersabda: "Ya Abdurrahman bin Samurah, engkau jangan melamar (meminta) jabatan, sebab jabatan itu diserahkan kepadamu tanpa permintaanmu, maka engkau akan dibantu untuk mengembannya," (HR. Bukhari) dikutip dari buku Hadits Shahih Bukhari Muslim karya Muhammad Fu'ad bin Abdul Baqi terbitan Fathan Prima Media, hal-527, Selasa (24/6).
 
Dalam hadits lain Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa telah menyerahkan sebuah jabatan atau amanat kepada orang yang bukan ahlinya, maka tunggulah saat kehancurannya," (HR. Bukhari dan Muslim). 
 
Bila ditelaah, dua hadits diatas mengingatkan kepada setiap orang agar jangan terlalu ambisi pada jabatan. Hakikatnya jabatan merupakan amanat yang dititipkan oleh Allah SWT kepada umatnya yang terpilih. Sehingga jabatan itu tidak perlu dikejar. Karena bila kita mencari jabatan niscaya Allah SWT tidak akan membantu kita.
 
Menjaga ambisi merupakan etika yang diajarkan oleh Allah SWT kepada umatnya, terlebih kepada umat yang terjun ke dalam dunia politik. (net/merdeka/roc)
Share
Berita Terkait
  • 6 hari lalu

    KTP eletronik E-KTP Digital Berbeda dengan E-KTP Biasa, Harus Tahu Perbedaannya

    NASIONAL, - Sejak 2009, Pemerintah Indonesia telah memperkenalkan Kartu tanda penduduk eletronik atau disebut dengan e-KTP telah dikenalkan sejak 2009. Kartu ini berfungsi untuk

  • 2 minggu lalu

    Di Tahun 2021 Riau Mampu Produksi Padi 223.399 ton dan Jagung 17.218 ton

    RIAU, PEKANBARU - Sepanjang 2021, Provinsi Riau mampu menghasilkan padi sebanyak 223.399 ton dan jagung 17.218 ton. Yang mana, padi dan jagung ini merupakan komoditas tanaman pa

  • 4 minggu lalu

    Hak Pesangon Tak Dibayar, Eks Karyawan PT. Sucofindo Batam Gugat Perusahaan

    KEPRI, TANJUNGPINANG, - Budiman Maratua Pangaribuan mantan karyawan PT. Sucofindo (Persero) Cabang Batam menggugat pihak perusahaan karena tidak mau membayar pesangon setelah 13

  • satu bulan lalu

    Ini Daftar Pengumuman Penerima Beasiswa Anak tempatan Disdik Bengkalis 2021

    BENGKALIS - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bengkalis secara resmi telah mengumumkan, nama-nama penerima beasiswa, Selasa 7 Desember 2021.

    Komentar
  • Copyright © 2012 - 2022 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.