Minggu, 29 Juni 2014 08:55:00

Umar bin Abdul Aziz, Kesederhanaan dan Teladan nya

riauone.com, - Umar bin Abdul Aziz merupakan salah satu khalifah yang berasal dari kalangan dinasti Umayah. Dia merupakan sosok yang lahir di lingkungan istana, disebabkan ayahnya juga merupakan pembesar Dinasti Umayah.
 
Para khalifah dari Dinasti Umayah terkenal kaya raya. Mereka memiliki pendapatan dari perkebunan yang menghasilkan panen berlimpah. 
 
Tetapi, gaya hidup itu ternyata tidak berlaku bagi Umar bin Abdul Aziz. Tampaknya suasana Madinah telah mengajarinya bagaimana cara hidup yang seharusnya dijalankan sesuai dengan contoh Rasulullah.
 
Suatu hari, Umar bin Abdul Aziz ditunjuk sebagai khalifah menggantikan saudaranya. Penunjukkan itu didasarkan pada surat wasiat yang dibuat oleh saudaranya, yang merupakan Khalifah sebelumnya yaitu Sulaiman bin Abdul Aziz.
 
Nama Umar kemudian diumumkan sebagai khalifah baru. Tetapi, Umar kemudian menolak pembaiatan dirinya.
 
"Demi Allah, sesungguhnya saya tidak pernah memohon sekali pun kepada Allah terkait perkara pembaitan ini," kata Umar.
 
Dia pun membatalkan pembaitan itu. "Saudara-saudara sekalian, sekarang saya batalkan pembaiatan ini, dan silakan memilih sendiri siapa yang kalian anggap pantas menjadi Khalifah," ucap dia.
 
Umar berniat mengembalikan cara pengangkatan khalifah sesuai dengan cara yang diajarkan Rasulullah, yaitu dengan pemilihan, bukan diwariskan secara turun temurun di satu generasi saja. Namun demikian, sebagian besar rakyat tetap menghendaki Umar menjabat sebagai Khalifah.
 
Umar pun tak bisa menolak keputusan yang diambil oleh rakyat melalui pemilihan. Akhirnya, dia mau menjabat sebagai khalifah menggantikan saudaranya.
 
Hal yang mengagetkan terjadi sesaat setelah pembaiatan dilakukan. Petugas protokoler telah menyiapkan untuknya sebuah kendaraan dinas khusus untuk Khalifah. Tetapi, Umar menolak menggunakan kendaraan itu dan memilih tetap memakai kuda pribadinya.
 
Dia kemudian memerintahkan petugas untuk menjual kendaraan dinas itu. "Bawalah ke pasar kemudian jual kuda itu. Hasil penjualannya kalian serahkan ke Baitul Maal. Saya cukup dengan kuda ini saja," katanya. (net/merdeka/roc)
Share
Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Operasi Pasar, Sebanyak 73 Ribu Liter Minyak Goreng Murah Sudah Terjual di Riau

    RIAU, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melibatkan pihak swasta terutama perusahaan yang ada di Riau untuk melaksanakan operasi pasar minyak goreng. Hal tersebut di

  • 2 minggu lalu

    Usai berkunjung ke Provinsi Riau, Sumbar Juga Tiru Riau Tentang Pengumuman Penetapan Harga Sawit

    RIAU, PEKANBARU - Usai berkunjung ke Provinsi Riau beberapa waktu lalu, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat akan menerapkan sistem penetapan harga tandan buah segar (TBS) k

  • 4 minggu lalu

    Serius? Pertamina Hapus Tiga BBM Jenis Premium dan Pertalite? ini Tahapan-nya, Diganti Pertamax?

    NASIONAL, - Terdapat tiga tahapan yang akan dilakukan Pertamina untuk menghapus secara perlahan penggunaan bensin Premium (RON 88) dan Pertalite (RON 90).

    Direktur Pembina

  • satu bulan lalu

    KLIK LINK Penerima Beasiswa akademik dan non akademik Disdik Bengkalis 2021

    BENGKALIS - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bengkalis secara resmi telah mengumumkan, nama-nama penerima beasiswa, Selasa 7 Desember 2021.

    Komentar
  • Copyright © 2012 - 2022 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.