• Home
  • Otonomi
  • Program Beasiswa Tak Berjalan, Kinerja Sekda Dumai Dipertanyakan
Sabtu, 16 Januari 2016 14:08:00

Program Beasiswa Tak Berjalan, Kinerja Sekda Dumai Dipertanyakan

ilustrasi.
RIAUONE.COM, DUMAI, RIAU, ROC, - Dua tahun anggaran program bantuan dana beasiswa untuk mahasiswa Dumai tak berjalan sebagaimana mestinya. Tidak hanya mahasiswa yang menyesalkan hal itu, tapi berbagai elemen masyarakat juga mempertanyakannya.
 
Ketua Forum Solidaritas Penegak Keadilan (Fospek) Kota Dumai H. Armidy, S.Sos mengatakan bila ada program yang telah dianggarkan tidak dilaksanakan, maka tentunya harus ada alasan kuat yang menyebabkan program tersebut tak dapat dilaksanakan. 
 
Bila benar program bantuan dana beasiswa bagi mahasiswa Dumai tidak terlaksana tanpa ada alasan logis dan tanpa dasar hukum yang kuat, kata dia, maka kinerja Pemerintah Kota Dumai melalui pihak terkait perlu dipertanyakan. 
 
Dia menegaskan, Pemerintah Kota Dumai melalui instansi terkait harusnya sejak awal sudah dapat mengukur sebuah program yang dibuat dan dianggarkan dalam APBD, apakah dapat dilaksanakan atau tidak.
 
“Jika tak mampu melaksanakannya, kenapa program tersebut dibuat dan dianggarkan dalam APBD?” ujar pengurus Partai Gerindra Kota Dumai ini kepada dumaizone.com, kemarin. 
 
Menurutnya, Sekretaris Daerah (Sekda) selaku Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Dumai harus bertanggungjawab atas tidak terlaksananya program pemerintahan dan pembangunan yang sudah dianggarkan. 
 
Kinerja Sekda dinilainya dipertaruhkan atas tak terselenggaranya sebuah program pemerintah daerah. Sebagaimana program dana bantuan beasiswa untuk mahasiswa yang gagal dicairkan, apalagi program tersebut dua tahun anggaran tak terlaksana. 
 
Senada dengannya, mantan Ketua Komisi I DPRD Kota Dumai Drs. H. Amrizal menegaskan, gagalnya pencairan program bantuan dana untuk mahasiswa Dumai itu patut dipertanyakan. Sebab, dinilainya hal itu tak harus terjadi. 
 
Apalagi, kata politisi PKS ini, di saat pemerintah menggenjot pentingnya pendidikan untuk meningkatkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia, justru Pemerintah Kota Dumai tak melaksanakan program yang telah dibuatnya sendiri. 
 
“Harusnya itu tak terjadi, karena menyangkut hak masyarakat Dumai yang membutuhkan kepedulian dalam memajukan dunia pendidikan, demi peningkatan SDM,” ujar dia. 
 
Harusnya pihak Komisi I DPRD Kota Dumai sejak awal tidak mengabaikan persoalan tersebut. Komisi I dinilainya harus mengundang pihak terkait untuk mempertanyakannya dan memberikan penekanan agar program tersebut bisa berjalan. 
 
Ustadz Amrizal menambahkan, sehubungan dengan telah berakhirnya tahun anggaran 2015, maka perlu dipertanyakan apakah dana bantuan untuk mahasiswa yang gagal dicairkan itu masuk ke Silpa atau tidak? Kalau masuk silpa, apakah dianggarkan kembali dalam tahun anggaran 2016 ini?. (dzc/roc).
 
Share
Berita Terkait
  • 2 tahun lalu

    Kasus Bupati Kuansing, KPK Panggil Sekda Kuansing Terkait Kasus Suap Bupati Andi Putra

    NASIONAL, - KPK memanggil Pj Sekda Kabupaten Kuansing, Agus Mandar, sebagai saksi. Agus akan diperiksa dalam kasus dugaan suap terkait perizinan perkebunan yang menjerat Bupati

  • 4 tahun lalu

    Bupati Kerinci Lantik Asraf Sebagai Pj Sekda Kerinci

    KERINCI, - Hari ini Senin (27/04/2020), bertempat di Ruang Bupati Kerinci melantik Asraf S.Pt, M.Si resmi sebagai Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Kerinci, sesuai surat Gubernur J

  • 6 tahun lalu

    Di Inhil, ASN Terlibat Politik Praktis Sudah Ditindak

    RIAUONE.COM, TEMBILAHAN - Berdasarkan laporan yang diterima, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri H Said Syarifuddin mengakui, telah melakukan tindakan tegas terha
  • 6 tahun lalu

    DR. Agus Mandar,S.Sos MSi resmi Jabat Plh. Sekda Kuansing

     
    KUANSING,-  Teka teki siapa pengganti Plt. Sekda Kuansing Muharlius,SE MM, seiring berakhirnya perpanjangan masa kerja nya, terjawab sudah, denga
  • Komentar
    Copyright © 2012 - 2024 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.Jasa SEO SMM Panel Buy Instagram Verification Instagram Verified