• Home
  • Parlemen
  • Ke Kota Bukittinggi Komisi IV Sharing Informasi Peran Pemuda dalam Pengembangan Wisata
Minggu, 16 Januari 2022 23:47:00

Ke Kota Bukittinggi Komisi IV Sharing Informasi Peran Pemuda dalam Pengembangan Wisata

Komisi IV DPRD Kab. Bengkalis berkunjung ke Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi untuk sharing informasi

PARLEMEN, BENGKALIS, - Pengelolaan objek wisata yang maksimal menjadi salah satu cara untuk mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sekaligus memutar roda perekonomian masyarakat setempat di daerah objek wisata tersebut. Peran pemuda juga tidak luput untuk memaksimalkan segala upaya membaharuan pengelolaan pariwisata di tengah era digitilasasi yang berkembang pesat untuk mempromosikan berbagai wisata yang ada, baik wisata alam, wisata kuliner maupun wisata belanja.

Maka dari itu Komisi IV DPRD Kab. Bengkalis berkunjung ke Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi untuk sharing informasi mengenai bagaimana pemuda berperan dalam pengembangan dan pengelolaan pariwisata, pada Kamis (13/01/2021).

Febriza Luwu atau Icha menyampaikan tujuan pertemuan ini untuk mendapatkan informasi terkait pembinaan pemuda untuk menopang kepariwisataan Kota Bukittinggi dan berharap hal-hal yang didiskusikan bisa menjadi percontohan untuk Kabupaten Bengkalis.

" Sebagaimana kita ketahui bahwa Kabupaten Bengkalis akan mengembangkan tempat pariwisata yang ada di Pulau Rupat supaya lebih maju dan terkenal di daerah luar, serta mengoptimalkan potensi-potensi wisata yang ada dengan memberdayakan pemuda untuk lebih aktif dan kreatif dalam membangun daerahnya. Maka dari itu, melihat Bukit Tinggi yang berkembang pesat sektor wisatanya, tentunya ada hal-hal menarik yang bisa kami pelajari sebagai bekal ilmu untuk daerah kami," ujar Icha.

Pandemi covid-19 membawa dampak yang sangat signifikan dalam segala sektor, terutama meningkatnya pengangguran karena objek-objek wisata di tutup selama masa pandemi. Kota Bukit Tinggi berusaha mencari solusi terbaik untuk menangani hal tersebut, melalui revitalasasi objek wisata selama ditutup dan melakukan pembinaan kewirausahaan dan kepimpinan untuk pemuda agar para pemuda berperan aktif dalam membangun daerah.

" Pemerintah tentunya perlu memberikan stimulus dan memotivasi pemuda agar terlibat aktif dalam pengembangan pariwisata. Bagaimana cara Kota Bukit Tinggi mengemas kehadiran pemuda untuk mau dan mampu terlibat langsung dalam pengembangan pariwisata?"  tanya Irmi Syakip Arsalan selaku Sekretaris Komisi IV DPRD Kabupaten Bengkalis.

Kepala dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Bukit Tinggi, Supadria, menjelaskan selama pandemi covid terjadi penurunan PAD di 2020 dan mulai kembali normal di 2021 dengan PAD sebesar 16,8 M, mengalami kenaikan sebesar 6 M. Untuk mengatasi berbagai kendala selama covid, pemerintah berkomitmen untuk melakukan pembinaan dan pelatihan bagi pemuda dalam bidang kewirausahaan dan kepimpinan untuk menstimulus pemuda untuk terlibat aktif dalam pembangunan daerah.

Kota Bukit tinggi juga berusaha untuk melakukan berbagai kegiatan yang memancing berputarnya roda perekonomian masyarakat, cobtohnya dengan diadakan sporttourrism. Selain itu, juga fokus dalam mengembangkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di setiap kelurahan untuk mempromosikan potensi wisata yang ada di kelurahan masing-masing. Pemuda juga dilibatkan dalam bidang olahraga dengan diadakannya Walikota Cup yang mampu memancing pengunjung untuk bertandang ke Bukit Tinggi.

Pemerintah Kota Bukit Tinggi juga melakukan pembentukan mindset pemuda melalui pelatihan dan bimtek untuk membangun kreativitas pemuda dalam memperkenalkan kepada dunia luar mengenai potensi wisata yang ada di daerahnya.

Di akhir pertemuan, Septian Nugraha mengatakan selain di bidang pengembangan pariwisata terdapat juga bidang olahraga yang banyak diminati pemuda untuk lebih ditingkatkan lagi supaya pemuda lebih aktif dan semangat dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan di bidang keolahragaan. (HMS/RUL).

Share
Komentar
Copyright © 2012 - 2022 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.Jasa SEO SMM Panel Buy Instagram Verification Instagram Verified