• Home
  • Parlemen
  • Pelajari Pengelolaan Limbah, Pansus DPRD Bengkalis Kunjungi BP Batam
Minggu, 10 Oktober 2021 18:11:00

Pelajari Pengelolaan Limbah, Pansus DPRD Bengkalis Kunjungi BP Batam

PARLEMEN, BENGKALIS, - Pansus Pengelolaan Limbah DPRD Kab Bengkalis mengunjungi Badan Pengusahaan (BP) Batam melalui Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan Kota Batam, Jumat (8/10/2021).

Bertempat di Gedung IT Centre BP Batam, rombongan Pansus yang diketuai oleh Simon Lumban Gaol diterima oleh Direktur Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan yang diwakili oleh General Manager Unit Usaha Pengelolaan Lingkungan Iyus Rusmana.

Ketua Pansus Pengelolaan Limbah Simon Lumban Gaol memulai kunjungan dengan mengajukan beberapa pertanyaan bagaimana melakukan pengelolaan limbah dengan baik agar nantinya bisa diterapkan di Kab. Bengkalis. Selain Ketua Pansus, Dr Moris Bation Sihite dan Sanusi selaku anggota Pansus juga ikut mengajukan beberapa pertanyaan terkait masalah pengelolaan limbah di Kota Batam.

Menanggapi hal tersebut, General Manager Unit Usaha Pengelolaan Lingkungan Iyus Rusmana memaparkan penjelasan setiap pertanyaan yang diajukan, sambil memperlihatkan slide presentasi bagaimana teknis dalam pengelolaan limbah, teknologi yang digunakan hasil yang didapat dalam pengelolaan limbah sehingga bisa menjadi PAD kota Batam.

Iyus Rusmana menjelaskan, pengelolaan limbah dilakukan WWTP (Waste Water Treatment Plant) atau Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL). WWTP yang berkapasitas 20 ribu meter kubik perhari atau setara dengan 230 liter perdetik dengan lima stasiun pompa yang akan memompa limbah domestik ke WWTP. Realisasi pemasangan instalasi pipa ke rumah-rumah sudah mencapai 30 persen atau sekitar 4.000 rumah yang ditargetkan dari 11.000 rumah. Proses recycle di IPAL me-recycle air limbah menjadi air bersih yang dapat dimanfaatkan kembali untuk kebutuhan industri dan juga dapat menghasilkan kompos sekitar 18 meter kubik perhari dan kompos ini nantinya akan distribusikan ke masyarakat.

Setelah sesi diskusi dan tanya jawab berakhir, untuk mendapatkan informasi yang lebih detail tentang teknis Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL), rombongan Pansus Pengelolaan Limbah DPRD Kab Bengkalis diajak meninjau langsung ke Waste Water Treatment Plant (WWTP) atau Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) yang berlokasi di Sadai,Bengkong, Batam.

Dalam kunjungan ini turut hadir, anggota pansus Pengelolaan Limbah DPRD Kab. Bengkalis Horas sitorus, Indrawansyah, Andi Pahlevi, Mustar J Ambarita, Laurensius Tampubolon dan Romel Sinalsal. Didampingi Kabag keuangan Sekretariat DPRD Kab. Bengkalis Zul Asri, Kabid Cipta Karya Randi Majestika, Kabid DLH H.Lamin, Kabid Bappeda Rahma Wati Putri, dan Plt. Kabag Hukum M Vendro. (hms/rul).

Share
Komentar
Copyright © 2012 - 2021 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.