• Home
  • Parlemen
  • Mangkir lagi dari Rapat, Dewan Sebut Kadis Perkim Inhil 'Mencla-Mencle'
Senin, 03 Februari 2020 21:57:00

Mangkir lagi dari Rapat, Dewan Sebut Kadis Perkim Inhil 'Mencla-Mencle'

RIAUONE.COM- Komisi III DPRD Inhil kembali kesal dengan ulah oknum Kepala Dinas (Kadis) di lingkungan Pemkab Inhil yang mangkir saat di undang rapat, Senin (3/2/2020) siang.


Kalau sebelumnya kekecewaan anggota dewan dilontarkan kepada Kadis PUPR Iliyanto, kini yang menjadi sasaran adalah Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Inhil, Tengku Edy.


Atas sikap tidak kooperatifnya Tengku Edy selaku Kadis Perkim tersebut, Komisi III pun menyebutnya sebagai pimpinan yang 'Mencla-Mencle' alias tidak dapat dipercaya.


"Kadis Perkim ini orangnya 'mencla-mencle'. Kalau tidak bisa hadir sampaikan lagi melalui surat. Kita kan (Komisi III, red) mengundang melalui administrasi, jadi balas juga dengan surat," kesal Edy Haryanto Sindrang, Wakil Ketua Komisi III DPRD Inhil dihadapan undangan yang hadir.


Kekecewaan tersebut sebenarnya bukanlah tanpa dasar. Pasalnya, sesuai kesepakatan awal pada rapat perdana bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebelumnya, Komisi III secara rutin mengundang OPD untuk menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) guna membahas rencana kerja tahunan dan hal lain yang dianggap penting dalam rangka percepatan progres pembangunan di Negeri Seribu Parit. 


Namun sangat disayangkan, meskipun undangan rapat jauh hari sudah dilayangkan Komisi III, malah justeru tidak dihadiri Kepala Dinas (OPD) terkait sebagai pemangku kebijakan. Parahnya, ini sudah terjadi kedua kalinya Kadis Perkim mangkir dari undangan rapat.


Atas ketidakhadiran Kadis Perkim Inhil itu, Komisi III dengan terpaksa kembali menunda RDP seperti halnya keputusan tunda rapat pagi sebelumnya dengan PUPR Inhil.


"Rapat dengan Perkim terpaksa kita tunda juga. Mestinya sebagai mitra kerja diharapkan antara legislatif dan OPD bisa saling bersenergi dalam melaksakan rencana kerja. Jadi apa yang menjadi rencana OPD ditahun 2020 ini bisa berjalan sesuai harapan, sehingga tidak ada lagi persoalan keterlambatan pekerjaan seperti yang kerap terjadi setiap tahunnya," kata Iwan Taruna, Ketua Komisi III DPRD Inhil ini, Senin (3/2/2020) siang.


Menurut Iwan, karena rapat ini sifatnya resmi, maka kehadiran Kepala OPD sangat diharapkan, bukan malah hanya mengutus perwakilan. 


"Jangan hanya hadir saat pembahasan anggaran saja. Kalau ada sesuatu hal menyebabkan tidak bisa hadir, tolong surati kami segera. Jangan sudah mau rapat begini baru kasi kabar kalau tidak bisa hadir," kesalnya.


Sebagai terobosan baru dan menjalankan tugas dan fungsi pengawasan, Komisi III sebenarnya sengaja mengagendakan rapat bersama OPD mitra kerja setiap hari senin dalam sepekan. Tujuannya mensinkronkan rencana kerja instansi terkait tahun anggaran 2020 ini.


"Kenapa Kadis kami minta harus hadir, karena memang ini sangat penting. Kalau rencana kerja mitra Komisi III berjalan dengan baik, tentu nanti ini akan jadi percontohan bagi lainnya,"  imbuhnya.


Sementara itu, menyikapi kekecewaan yang dilontarkan Komisi III DPRD Inhil ini, atas nama Kepala Dinas, Sekretaris PRKP Inhil, Yusnaldy, menyampaikan permohonan maaf.


Menurut Yusnaldy, ketidakhadiran Tengku Edy sebagai Kadis Perakim dikarenakan diwaktu yang sama menghadiri pertemuan Program National Urban Water Supply Project (NUWSP) yang merupakan bagian dari kerangka National Urban Water Supply (NUWAS) di Balai Prasarana Pemukiman di Pekanbaru.


 "Hari ini, kebetulan Pak Kadis menghadiri pertemuan dalam upaya peningkatan dan pengembangan layanan air minum untuk PDAM di Pekanbaru. Jadi permohonan maaf beliau sampaikan tidak bisa hadir," ucapnya Singkat.


Atas ketidakhadiran pimpinan instansi tersebut, rapat ditunda hingga senin depan. "Kita undang lagi agar Kadis bisa hadir. Nanti tolong disingkronkan lagi jadwalnya. Kedepannya siapa pun jadi Kadis nanti, karena ini untuk kepentingan pembangunan jadi tolong hargai niat baik Komisi III ini," tutup Iwan Taruna pada pertemuan itu.(san)


Share
Komentar
Copyright © 2012 - 2021 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.