• Home
  • Politik
  • Masih Soal Jokowi Tak mau dipeluk Surya Paloh, Berikut Analisis Pakar soal Gestur Jokowi di Video Viral
Selasa, 25 Oktober 2022 10:31:00

Masih Soal Jokowi Tak mau dipeluk Surya Paloh, Berikut Analisis Pakar soal Gestur Jokowi di Video Viral

F/cnn

NASIONAL, POLITIK, - Video Ketum NasDem Surya Paloh menyalami Presiden Joko Widodo (Jokowi) di HUT Golkar ke-58 viral di media sosial karena disertai narasi Jokowi ogah dipeluk Paloh. Pakar gestur memberi analisis tersendiri terkait video itu.

"Ya reaksi Presiden memang terlihat kaku, tidak balas menyambut secara selaras," kata Pakar Gestur, Handoko Gani, Handoko saat dihubungi, Sabtu (22/10/2022).

Handoko Gani adalah seorang instruktur lie detector, instruktur hipnotis, dan authorized operator alat pendeteksi emosi, layered voice analysis (LVA).

Kembali soal analisis gestur Jokowi, Handoko mengatakan gaya bersalaman dengan memegang kedua lengan seseorang identik dengan pesan keakraban. Dia menilai Jokowi tak menolak Paloh secara terang-terangan.

"Menolak terang-terangan sih nggak, hanya bereaksi tidak seintensif yang sama saja dengan Paloh. Beliau (Presiden) hanya memegang lengan Paloh dengan tangan kanannya," ucapnya.

Handoko mengatakan, dalam video tersebut, Jokowi terlihat mengatakan sesuatu kepada Paloh. Oleh karena itu, dia menyebut tak bisa menyimpulkan 'hubungan rusak' antara Jokowi dan Paloh.

"Pak Jokowi sempat ngomong sesuatu lho (di video). Itu sebabnya Paloh menengok lagi. Jadi walaupun tidak selaras energi atau antusiasmenya Pak Jokowi terhadap Surya Paloh bukan berarti kita bisa menyimpulkan hubungan mereka rusak," ucap Handoko.

"Kemungkinan ada riak dalam hubungan itu sih ada, tapi kemungkinan lain bisa terjadi, misalnya Pak Jokowi memang bukan tipikal ekspresif atau pun beliau kecapean," sambungnya.

Video Paloh menyalami Presiden Jokowi di HUT Golkar viral karena dinilai menunjukkan gestur Jokowi ogah dipeluk Paloh. Staf khusus (Stafsus) Mensesneg Faldo Maldini menilai tak ada masalah personal antara Jokowi dan Paloh.

Dilihat detikcom, Sabtu (22/10), video viral itu menunjukkan momen Paloh sedang menyalami Jokowi. Paloh terlihat menggunakan jas dan Jokowi terlihat menggunakan kemeja batik.

Jokowi berdiri di sebelah Ketum Golkar Airlangga Hartarto. Dalam video itu, Paloh terlihat menyalami Jokowi dengan tangan kanan, sementara tangan kirinya terlihat berada di punggung Jokowi. Demikian melansir detiknews. (*)


Share
Komentar
Copyright © 2012 - 2022 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.Jasa SEO SMM Panel Buy Instagram Verification Instagram Verified