• Home
  • Riau Raya
  • 60 Siaran Radio Malaysia Jangkau Wilayah Perbatasan Rohil, KPID Riau: Mari Cintai Siaran Indonesia
Sabtu, 29 Agustus 2015 09:19:00

60 Siaran Radio Malaysia Jangkau Wilayah Perbatasan Rohil, KPID Riau: Mari Cintai Siaran Indonesia

kantor bupati rohil
RIAUONE.COM, ROHIL, ROC, - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Riau menggelar diskusi membendung sekitar 60 siaran radio Malaysia yang terjangkau di kawasan perbatasan Rokan Hilir (Rohil) di aula Kantor Panwas Rohil, Bagansiapiapi, Kamis (27/8) lalu. 
 
Dalam diskusi terungkap bahwa di kabupaten ini, tidak satupun siaran radio lokal di Rohil yang beroperasi saat ini.
 
Saat diskusi, peserta diminta menulis apa saja permasalahan penyiaran di Kabupaten Rohil. Permasalahan yang mengemuka, minimnya fasilitas, jangkauan siaran yang terbatas, TV kabel yang tak terkontrol, banyak
siaran Mandarin di TV kabel, keterbatasan sumber daya untuk mengakses, budaya lokal tidak terangkat serta tidak adanya radio lokal.
 
Ketua KPID Riau, Zainul Ikhwan mengungkapkan, di Rohil terpantau 60 siaran radio Malaysia. Dari sejumlah siaran itu, sudah tentu banyak didengar masyarakat Rohil.
 
Makanya, KPID Riau mengajak masyarakat Rohil mencintai siaran Indonesia dengan konten yang diharapkan mengeksplorasi
budaya lokal, edukatif, informatif, berbasis kearifan bangsa Indonesia serta materi yang memperkuat identitas ke-Indonesiaan dan nasionalisme.
 
Dalam diskusi tanya jawab, Ketua KPID Riau menyebutkan banyak persoalan yang harus dilakukan bahkan dia menyebutkan ada beberapa siaran TV nasional yang tidak layak tayang. (Adv/Humas/pnc)
 
Share
Komentar
Copyright © 2012 - 2022 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.