• Home
  • Riau Raya
  • Cuaca Ekstrim, Wabup Ingatkan Warga Tidak "Main Api"
Rabu, 13 Oktober 2021 15:57:00

Cuaca Ekstrim, Wabup Ingatkan Warga Tidak "Main Api"

Kapolda Riau didampingi Wabup Bengkalis H Bagus Santosa saat terjadi Karhutla di desa Palkun kec Bengkalis beberapa waktu lalu

BENGKALIS - Dua minggu terakhir Bengkalis dan sekitarnya tidak diguyur hujan, selain itu cuaca juga cukup panas. Kondisi tersebut sangat rentan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, terlebih pada lahan gambut.

            Menyikapi kondisi tersebut, Wakil Bupati Bengkalis, H Bagus Santoso mewanti-wanti masyarakat untuk tidak "bermain api", baik ketika membuka lahan perkebunan, membersihkan lahan atau berbagai aktivitas lainnya.

            " Sebagian besar kondisi lahan perkebunan dan hutan di daerah kita adalah lahan gambut tebal, kondisi cuaca seperti ini sangat rentan terjadinya kebakaran. Untuk itu, saya menghimau seluruh elemen masyarakat untuk waspada, tidak memerun atau melakuka aktivitas di lahan perkebunan dengan menggunakan api," pesannya.

            Dampak karhutla kata Bagus, tidak hanya kerugian pada materil, tapi juga kesehatan dan bahkan menjejaskan hubungan dengan negara tetangga, karena mereka ikut merasakan dampak asap kiriman.

            "Seluruh elemen harus bersatu padu mencegah kembali terjadi Karhutla di wilayah kita. Pak Camat dengan kewenangannya saya harap gencar menyosialisasikan bahaya Karhutla di tengah masyarakat, begitu juga kepala desa dan bahkan pak RT agar ikut memantau kondisi di lapangan dan terus mengingatkan masyarakat," pesan Bagus lagi.

            Mantan Wartawan Dumai Pos ini juga mengingatkan Perangkat Daerah yang  menjadi leading sector penanganan karhutla untuk siap-siaga. Selain mempersiapkan mental dan fisik untuk mengatasi karhutla juga mempersiapkan peralatan pendukung pemadaman.

            "Perangkat Daerah terkait kita minta terus standbay, selalu jalin komunikasi dan kordinasi dengan kepala desa dan Masyarakat Peduli Api (MPA) yang ada di lapangan. Segera ambil langkah penanganan bila ditemukan titik api, jangan sampi membesar," ujar Bagus mengingatkan. (*)


Share
Komentar
Copyright © 2012 - 2021 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.