• Home
  • Riau Raya
  • Dislutkan Meranti Dukung Budidaya Ikan Air Tawar di Desa Alai
Minggu, 28 September 2014 18:02:00

Dislutkan Meranti Dukung Budidaya Ikan Air Tawar di Desa Alai

riauonecom.
riauonecom, Alai, Meranti, Riau, roc, - Usai mendapatkan pelatihan pembudidayaan ikan air tawar di Kelurahan Teluk Belitung, Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, beberapa waktu lalu, sejumlah masyarakat Desa Alai Kecamatan Tebingtinggi Barat, saat ini mulai melakukan uji coba budidaya ikan Lele.
 
Upaya itu ternyata mendapatkan apresiasi dan dukungan dari Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) kabupaten Kepulauan Meranti.
 
Kepala Desa Alai, Ruslan, kepada wartawan dan Dislutkan baru-baru ini menyebutkan bahwa pihaknya berinisiatif melakukan uji coba ilmu yang didapatkan dari pelatihan beberapa waktu lalu.
 
"Kita sudah membuat dua buah kolam ikan yang di kelola oleh dua orang perwakilan desa yang pernah mengikuti pelatihan pembudidayaan ikan air tawar itu. Mereka yang akan mengelolanya nanti, karena mereka lebih mengerti mengenai tata cara dan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan dalam pemeliharaan ikan tersebut," ungkap Ruslan.
 
Lebih jauh Ruslan juga menuturkan adapun dua buah kolam ikan yang berukuran 2x3 dan 1,5x2 dengan pembibitan jenis ikan Lele. "Dua kolam ini punya fungsi yang berbeda. Ada kolam khusus untuk pembibitan (ikan kecil) dan kolam khusus bagi ikan yang berukuran yang besar pula," jelas Kades Alai itu.
 
Kadislutkan Kepulauan Meranti, Askandar melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Wan Fakhriarmi, mengungkapkan bahwa selain mengapresiasi juga mendukung terhadap kegiatan yang dilakukan oleh Kades Alai itu.
 
"Kegiatan positif seperti pembudidayaan ikan ini memang sangat bagus untuk terus dikembangkan. Karena dengan begitu, ikan bisa terus tersedia dan mudah didapatkan masyarakat," tutur dia.
 
Wan Fahriarmi juga menuturkan, dengan adaya kegiatan seperti itu diharapkan dapat dijadikan contoh oleh para peserta yang pernah mengikuti pelatihan tersebut, sehingga ilmu yang dapatkan dapat di terapkan kembali dalam kehidupan sehari hari.
 
"Bagi para peserta yang pernah mengikuti pelatihan pembudidayaan ikan, kita berharap bisa mencontohkan seperti yang telah dilakukan Desa Alai tersebut secara berkelanjutan," harapnya.(mnr/roc/net/zar)
Share
Berita Terkait
Komentar
Copyright © 2012 - 2022 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.Jasa SEO SMM Panel Buy Instagram Verification Instagram Verified