Senin, 22 Agustus 2016 07:06:00

Dua Menteri Bakal Buka Porseni PGRI di Siak

kabut asap di jembatan siak sultanah Siak.
PEKANBARU, RIAU, -- Dua Menteri dalam Kabinet Kerja Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) dijadwalkan akan membuka pelaksanaan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang akan dilaksanakan di Kabupaten Siak 21-25 Agustus 2016.
 
Dua menteri tersebut adalah Mentri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendy MAP. Pembukaan acara ini dijadwalkan Senin (22/8), besok.
 
"Dari Dua menteri yang kita undang, Mendikbud telah memastikan hadir, sementara untuk Menteri Puan Maharani belum ada konfirmasi kehadiran beliau hingga saat ini," kata Ketua PGRI Riau Dr H Syahril, Ahad (21/8).
 
Syahril menjelaskan, jumlah kontingen dan official yang terlibat dalam kegiatan ini sekitar 800 orang. Dan penggembira sekiar 350 orang. Peserta terdiri dari para guru di 34 provinsi di Indonesia. Agenda nasional ini dilaksanakan sekali dua tahun.
 
Sedangkan pelaksanaan Porseni sudah dua kali dilaksanakan di Riau setelah tahun 2007 lalu di Pekanbaru.Sementara Cabor yang dipertandingkan yaitu, bulu tangkis, tenis meja, senam PGRI, menyanyi solo, melukis, lomba tari kreasi daerah nusantara (tari unggal), lomba seni baca Alquran, lomba kreatifitas pembelajaran dan pimpinan rombongan. Sementara peserta atlet terdiri dari putra dan puri.
 
Lebih lanjut Syahril, Porseni tahun ini bertemakan "Melalui Porseni PGRI kita tingkakan sportifitas dan kreatifias guru dalam mewujudkan revolusi mental" di Riau memiliki tiga keistimewaan. Dimana Riau pertamakali pembuatan Bendera Porseni, kedua, pembuatan lagu mars Porseni. Bendera dan lagu mars Porseni ini sudah disetujui PGRI pusat dan sudah siap dimulai di Siak nanti.
 
Keistimewaan ketiga yaitu tahun ini ada piala bergilir dari Mendikbud. Jadi pemenang akan membawa piala bergilir tersebut kedaerahnya. Sedangkan pada Porseni kedepan, akan diperebutkan kembali oleh kontingen dari seluruh Indonesia.
 
"Porseni merupakan ajang silahturahmi antar sesama guru. Pada kegiatan ini, setiap guru bisa membagi kepandaianya baik dibidang olahraga dan seni kepada para guru guru lain. Sehingga bisa menambah ilmunya untuk disampaikan didaerahnya masing masing,"pungkasnya.
 
Ketika ditanya, kenapa Porseni dilaksanakan di Siak, Syahril mengatakan bahwa, Bupati beserta jajaran dan ketua PGRI Siak bersedia menjadi tuan rumah. Kemudian anggarannya sudah disiapkan melalui APBD Siak. Selain itu, Kabupaten Siak sudah sering melaksanakan iven nasional maupun internasional. Iven yang dilaksanakan telah sukses dilaksanakannya.
 
Siak menurut Syahril banyak memiliki nilai sejarah dan wisata, sehingga koningen bisa dibawa berjalan jalan meliha Kerajaan Siak dan tempat wisata lainnya. Diharapkan, kontingen tersebut bisa mendapatkan nilai sejarah baru dan terhibur selama berada di Siak.
 
"Sebagai tuan rumah harapan kita bisa menjadi tuan rumah yang baik. Tamu yang hadir bisa mendapatkan kenang kenangan dan kepuasan terhadap berkunjung dan berlomba di Riau. Sehingga nama Riau bisa baik dimata nasional," ujar Syahril. (mcr/roc).
Share
Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Ada Pungli Tiap Bulan ke Anggota PGRI Siak

    RIAUONE.COM,SIAK- Selain dugaan pungli dalam pembuatan kartu anggota PGRI Siak yang harus dibayarkan sebesar Rp.70.000, kini muncul lagi pengakuan dari beberapa anggota PGRI Sia

  • Komentar
    Copyright © 2012 - 2022 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.