• Home
  • Riau Raya
  • Gelar Eco Walk, Kilang Dumai Edukasi Pekerja Untuk Cinta Lingkungan
Sabtu, 24 September 2022 15:31:00

Gelar Eco Walk, Kilang Dumai Edukasi Pekerja Untuk Cinta Lingkungan

PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai menggelar Lomba Lintas Alam - Eco Walk serta penanaman 100 bibit pohon buah, pada Ahad (18/9). F/ist

RIAU, DUMAI, - September 2022 - Dalam rangka mengedukasi pekerja untuk dapat mencintai dan menjaga keasrian lingkungan sekitar, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai menggelar Lomba Lintas Alam - Eco Walk serta penanaman 100 bibit pohon buah, pada Ahad (18/9).

Eco Walk yang mengusung tema "Sinergi Energi, Lestarikan Bumi" ini berlangsung di Komplek Perumahan Bukit Datuk dan diikuti oleh 140 orang yang terbagi dalam 28 tim. Peserta berasal dari pekerja dan mitra kerja di PT KPI RU Dumai dan Sei Pakning. Selain itu, terdapat juga peserta dari Pertamina Group lain seperti Pangkalan Brandan, PGN, Pertagas serta Patra SK.

Sesuai laporan Section Head Environment sekaligus Ketua Pelaksana Eco Walk, Arizal, menjelaskan bahwa peserta Eco Walk akan diajak berkeliling melewati rute halang rintang sejauh 7,1 km dengan total waktu tempuh selama 4 jam yang terdiri dari 4 pos utama dan 3 pos bayangan.

"Rute yang dilewati peserta Eco Walk memanfaatkan keasrian lingkungan yang ada di area Komplek Perumahan Bukit Datuk dimana terdapat Patra Seroja Ecopark, hutan kota dengan berbagai flora dan fauna yang hidup di dalamnya," ujar Arizal.

Selain melewati rute halang rintang, peserta juga diuji wawasannya terkait pengetahuan umum, environment, maupun safety dan health dengan menjawab sejumlah kuis yang ada di tiap pos utama.

Di akhir sesi, seluruh peserta Ecowalk bersama-sama dengan Pjs. General Manager RU II, Khabibullah Khanafie, serta jajaran tim manajemen PT KPI RU Dumai diajak untuk melakukan gerakan penghijauan berupa penanaman 100 bibit pohon buah.

" Selain mengajak pekerja untuk peduli terhadap lingkungan, gerakan penanaman 100 bibit pohon buah ini juga merupakan program konservasi jangka panjang PT KPI RU Dumai dalam menyukseskan program Proklim dan Proper sekaligus peringatan Hari Ozon Sedunia yang jatuh pada tanggal 16 September," lanjut Arizal.

Senada dengan hal tersebut, Manager HSSE sekaligus Pembina Kegiatan Eco Walk, Oky Wibisono, menyebutkan bahwa kegiatan yang terselenggara berkat kerjasama dengan Bapor Pecinta Alam, Patra Pala, ini sejalan dengan tujuan perusahaan dalam pencapaian implementasi Environmental, Social, and Governance (ESG) di PT KPI.

" Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat membuat kita untuk lebih mencintai alam sekitar kita. Alam lingkungan yang harus selalu kita jaga agar tetap lestari. Alam yang lestari dapat membantu mengurangi penipisan lapisan ozon bumi demi keselamatan dunia," sebut Oky Wibisono.

Sementara itu, Pjs General Manager PT KPI RU II, Khabibullah Khanafie dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat baik untuk mengedukasi para pekerja agar dapat mengenali dan menjaga alam lingkungan sekitar. 

" Semoga kegiatan Lomba Lintas Alam - Eco Walk ini dapat diadakan setiap tahunnya, karena merupakan kegiatan yang sangat positif dan berfungsi untuk mengedukasi para pekerja PT KPI RU Dumai mengenali hingga mencintai lingkungan sekitarnya," tutup Khabibullah Khanafie. (ZAR/*)

Share
Komentar
Copyright © 2012 - 2022 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.Jasa SEO SMM Panel Buy Instagram Verification Instagram Verified