• Home
  • Riau Raya
  • Kunker ke Inhu, Gubri Ziarah Makam Seniman Gambus Warga Suku Talang Mamak Inhu
Selasa, 25 Januari 2022 08:02:00

Kunker ke Inhu, Gubri Ziarah Makam Seniman Gambus Warga Suku Talang Mamak Inhu

Gubernur Riau H Syamsuar (tengah) ziarah di makan seniman gambus warga suku Talang Mamak, Kabupaten Indragiri Hulu.

RIAU, INDRAGIRIHULU - Saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Gubernur Riau (Gubri), H Syamsuar ziarah ke makam seniman sekaligus pengrajin gambus suku Talang Mamak, pada Senin (24/1/2022). 

M. Atan adalah nama seniman gambus talang mamak itu. Almarhum wafat saat  usia 91 tahun. Bentuk makamnya terlihat biasa saja. Lokasinya berada di Dusun Kuala Lemang, Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gangsal. 

Anak sulung Almarhum M. Atan yaitu Safaruddin yang kerab disapa Pak Tatung menyampaikan, bahwa almarhum Ayahnya adalah pengerajin gambus sekaligus seniman alat musik itu. 

Pak Tatung

Ia mengungkapkan, bahwa ketika ia remaja, almarhum Ayahnya telah mewariskan cara membuat gambus sekaligus cara memetik senarnya. 

Diceritakan Pak Tatung, pada tahun 1980 gambus termasuk kebudayaan suku Talang Mamak. Keberadaan  gambus di kalangan warga suku Talang Mamak pernah hampir punah. Hal ini lantaran digerus perkembangan zaman. Namun, kini telah bangkit kembali karena ketekunan Pak Tatung melestarikan alat musik itu. 

"Itukan kebudayaan kita suku Talang Mamak. Jadi kita hidupkan lagi agar budaya gambus ini tidak hilang. Sehingga dengan itulah mempertemukan saya dengan Pak Gubernur Riau," kata Pak Tatung.

Ia menceritakan bahwa almarhum Ayahnya adalah sosok pekerja keras. Untuk membiayai kebutuhan hidup keluarga, Ayahnya harus bekerja sebagai petani. Kendati demikian, pada waktu-waktu tertentu ia tetap menghibur anak-anaknya dengan iringan nada-nada gambus sembari bernyanyi merdu. 

Gambus bagi warga suku Talang Mamak, imbuh Pak Tatung, digunakan sebagai alat untuk menyampaikan pesan tunjuk ajar atau nasehat agar mudah dipahami oleh warga suku tersebut. 

"Pada dasarnya semua berisi tentang nasehat-nasehat. Oleh karena itu kita semua punya rasa tanggung jawab untuk menghidupkan kembali gambus ini. Karena gambus ini asli dari Talang Mamak," pungkasnya.

Kehadiran Gubernur Riau di makam itu bersama Wakil Bupati Indragiri Hulu, Camat, Kepala Desa serta sejumlah tokoh lainnya. Hal ini membuat kesan tersendiri bagi orang nomor satu di Riau itu. Juga membuat rasa haru bagi keluarga Pak Tatung dan warga setempat. 

"Alhamdulillah kita bisa ziarah ke makam seorang tokoh Talang Mamak yang dikenal sebagai pembuat sekaligus seniman gambus," kata Gubernur Riau, Syamsuar, singkat. (MCR/*).

Share
Komentar
Copyright © 2012 - 2022 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.Jasa SEO SMM Panel Buy Instagram Verification Instagram Verified