• Home
  • Riau Raya
  • Pemkab Inhu Terima Kunci Cagar Budaya Rumah Tinggi Dari Gubri, Wabup Junaidi: Motivasi Pengembangan Pariwisata Inhu
Minggu, 22 Januari 2023 11:23:00

Pemkab Inhu Terima Kunci Cagar Budaya Rumah Tinggi Dari Gubri, Wabup Junaidi: Motivasi Pengembangan Pariwisata Inhu

Pemkab Inhu Terima Kunci Cagar Budaya Rumah Tinggi Dari Gubri, Wabup Junaidi: Motivasi Pengembangan Pariwisata Inhu. F/ist

INHU, PERANAP, - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu menerima kunci Cagar Budaya Rumah Tinggi Indragiri Hulu dari Pemerintah Provinsi Riau. Kunci diserahkan langsung oleh Gubernur Riau, Syamsuar dan diterima oleh Wakil Bupati Indragiri Hulu, Junaidi Rachmat di halaman Cagar Budaya Rumah tinggi, Jumat pagi (13/1/2023).

Dalam sambutan Bupati Indragiri Hulu yang disampaikan oleh Wakil Bupati Indragiri Hulu, Junaidi Rachmat, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Riau yang menyempatkan datang ke Inhu untuk menyerahkan kunci Rumah Tinggi. " Dengan kedatangan Gubernur ke Inhu, kami berharap dapat menyemangati dan memotivasi Pemkab Inhu untuk mengembangkan dan memajukan pariwisata di Inhu," harapnya.

Beliau menjelaskan bahwa pada anggaran tahun 2022 lalu Pemkab Inhu melakukan beberapa renovasi di cagar budaya seperti Rumah Tinggi; Mesjid Raya Baru Rijal, Peranap; dan Makam Raja Narasinga di Kota lama. " Renovasi ini kami lakukan untuk menjaga dan melestarikan cagar budaya yang kami miliki," tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Riau, Syamsuar dalam arahannya berpesan setelah diserahkannya kunci, rumah tinggi ini dapat dirawat dan dijaga bersama. " Memang rumah tinggi ini dikelola dan tanggung jawab pemerintah, namun untuk merawat dan menjaganya merupakan tanggung jawab kita bersama," pesan Gubri.

Gubri juga berpesan kepada pemerintah untuk memanfaatkan rumah tinggi ini tak hanya untuk sarana edukasi dan pariwisata namun juga untuk kegiatan tokoh masyarakat seperti Lembaga Adat Melayu Riau di Inhu.

Gubri juga meminta kepada pemerintah untuk berinovasi memanfaatkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada untuk meningkatkan perekonomian di Kabupaten Inhu.

Selain menyerahkan kunci Rumah Tinggi, turut diserahkan kunci rumah layak huni, kapal ketinting kepada Kelompok Nelayan dan sertifikat Warisan Budaya Tak Benda Indonesia yang dinobatkan di beberapa budaya tak benda Inhu seperti kesenian Debus Indragiri, Syair Surat Kapal, Nandung dan Gawai Gedang Talang Mamak. (DSK/inh/*)

Share
Komentar
Copyright © 2012 - 2023 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.Jasa SEO SMM Panel Buy Instagram Verification Instagram Verified