• Home
  • Riau Raya
  • Pentingnya Data Akurat, Bupati Bengkalis Bentuk Forum Satu Data Kewilayahan Kabupaten Bengkalis
Minggu, 21 November 2021 17:10:00

Pentingnya Data Akurat, Bupati Bengkalis Bentuk Forum Satu Data Kewilayahan Kabupaten Bengkalis

BENGKALIS - Pentingnya kesatuan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, dan dibagipakaikan memerlukan suatu proses perbaikan tata kelola data yang dihasilkan oleh Pemerintah melalui penyelenggaraan Satu Data Indonesia guna memperlancar proses perencanaan dan pembangunan.

Kebijakan ditingkat pusat ini perlu didukung oleh Pemerintah Daerah guna sinergitas penyelenggaraan pembangunan pusat dan daerah. Komitmen dukungan tersebut ditunjukkan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis dengan menerbitkan Peraturan Bupati Bengkalis Nomor 51 Tahun 2020 tentang Satu Data Kabupaten Bengkalis sebagai pedoman kebijakan satu data di Kabupaten Bengkalis.

Sebagai tindaklanjut dan aktualisasi kebijakan satu data di tingkat pusat maupun didaerah, khususnya di bidang kewilayahan yang ruang lingkupnya cukup beragam Bupati Bengkalis melalui Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis membentuk Forum Satu Data Kewilayahan Kabupaten Bengkalis serta inovasi lebih lanjut nya dalam bentuk aplikasi Dashboard dan Sistem Informasi Database Satu Data Kewilayahan Kabupaten Bengkalis.

Forum yang diinisiasi oleh Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis sebagai unsur yang memiliki tugas dan fungsi di bidang kewilayahan ini dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Bupati Bengkalis Nomor 627/KPTS/IX/2021 tentang Pembentukan Forum Satu Data Kewilayahan Kabupaten Bengkalis beranggotakan Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis dan Stakeholder eksternal lainnya yang terkait dan memiliki data-data kewilayahan dilingkup Kabupaten Bengkalis Kabupaten Bengkalis.

Bupati Bengkalis Kasmarni, memberikan apresiasi terhadap aplikasi ini, dan berharap bisa memberikan kontribusi positing dalam membangun Kabupaten Bengkalis kedepannya.

" Kami berharap dengan adanya wadah dan media kolaborasi dan sinergi dalam Forum Satu Data Kewilayahan ini, dapat berkontribusi postif dalam penyediaan data-data kewilayahan yang bermanfaat untuk berbagai bidang, khususnya pembangunan di Kabupaten Bengkalis dalam mewujudkan Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera," tutur Bupati Bengkalis. (dsk/rul).

Share
Komentar
Copyright © 2012 - 2021 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.