Jumat, 16 Januari 2015 12:28:00

Daerah Perbatasan Skala Prioritas Pembangunan

rohil
RIAUONE.COM, ROHIL, - Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melalui Badan Pengelola Perbatasan Daerah (BPPD) menilai pentingnya skala prioritas pembangunan di wilayah perbatasan, sehingga manfaatnya dapat dirasakan masyarakat serta turut mendukung kedaulatan NKRI.
 
Dengan baiknya pengelolaan wilayah perbatasan dapat menjadi kebangaan negara, kata.Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah (BPPD) Rohil Wazirman Yunus, kemarin, di Bagansiapiapi.
 
Karena itu, ujarnya, keberadaan kawasan perbatasan sangat penting demi menjaga kebersamaan dalam wadah NKRI. Daerah perbatasan itu di antaranya Kecamatan Pasir Limau Kapas dan kecamatan Sinaboi.
 
Menurutnya, dua daerah tersebut sangat potensial dari berbagai sumber daya alam dan berbatasan langsung dengan kabupaten atau propinsi lain, juga pulau Jemur (pulau terluar-red) yang berbatasan dengan negara tetangga Malaysia.
 
Atas kesadaran pentingnya pengelolaan daerah perbatasan, lanjutnya, BPPD dibentuk Pemerintah daerah berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 10 tahun 2013, disahkan 14 Oktober 2014.
 
Sementara, titik fokus dari badan tersebut lebih mengarah pada pengelolaan kawasan yang berbatasan dengan daerah luar, berbeda dengan Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setdakab Rohil yang fokus pada soal tapa batas antar wilayah yang masih berada dalam satu kesatuan kabupaten Rohil.
 
Mantan kepala bagian pertanahan ini, menyebutkan, ke depan BPPD akan menyampaikan tentang pentingnya berbagai pembangunan yang diperlukan masyarakat seperti infrastruktur, pendidikan, peningkatan perekonomian masyarakat dan lain-lain.
 
Skala prioritas yang diperlukan itu akan dikoordinasikan dengan dinas terkait seperti Bina Marga, Pendidikan, Dinas Kesehatan, Cipta Karya dan lain-lain.
 
Dua kawasan yakni Palika dan Sinaboi, disebut Wazirwan sebagai daerah andalan dengan keberadaan potensi luar biasa dan berkaitan dengan cakupan tugas BPPD yaitu bidang potensi kawasan, bidang perbatasan antar negara, infrastruktur dan bidang kerjasama.
 
Dirinya mengakui sejauh ini ada kendala terkait dengan RTRW yang dapat menghambat pembangunan di daerah perbatasan namun hal itu masih dalam tahap penyelesaian dan diharapkan kedepanya kawasan perbatasan di Rohil lebih maju pesat. (why/hms).
Share
Berita Terkait
Komentar
Copyright © 2012 - 2022 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.