• Home
  • Serbaserbi
  • Asuransi Untuk Masa Depan, Pentingnya Bagi Anda dan Keluarga
Senin, 25 November 2019 17:10:00

Asuransi Untuk Masa Depan, Pentingnya Bagi Anda dan Keluarga

Asuransi merupakan salah satu intrumen penting yang berfungsi untuk mengantisipasi resiko yang mungkin muncul di masa mendatang. Terlebih lagi bagi mereka yang masih berusia produktif, di mana asuransi sangat penting untuk masa depan mereka.

Untuk mewujudkan masa depan yang cerah, kita tentu sudah harus mulai menyiapkan segalanya sejak usia muda. Namun sayangnya, banyak orang terlalu memforsir dirinya untuk bekerja di usia ini tanpa memikirkan hari tuanya. Untuk itu, memiliki asuransi di usia muda dapat menjamin kehidupan di masa pensiun nantinya.

Pentingnya Memiliki Asuransi Di Usia Produktif

Mengapa asuransi menjadi hal yang penting? Sekarang ini, masyarakat memang sudah mulai menyadari akan banyaknya manfaat asuransi. Namun masih banyak juga yang belum memahami pentingnya asuransi bagi masa depan. Terutama bagi generasi muda yang sedang dalam usia produktif. Pasalnya dengan memiliki asuransi di usia ini, ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh, antara lain yaitu:

1. Memberi Perlindungan Pada Diri Sendiri

Saat ini Anda mungkin masih kuat dan giat untuk bekerja, namun seiring dengan bertambahnya usia, produktifitas Anda lama-kelamaan akan menurun. Jika tidak memiliki asuransi, bisa-bisa Anda tidak punya tabungan masa depan. Belum lagi dengan kesehatan yang semakin rentan terganggu. Untuk itu, asuransi ada untuk memberi proteksi terhadap resiko akibat peristiwa tidak terduga. Apalagi resiko ini juga bisa terjadi kapanpun tanpa memandang waktu dan usia.

2. Membuat Diri Lebih Disiplin

Besarnya jumlah pendapatan yang dihasilkan setiap bulannya saat usia produktif cenderung akan membuat seseorang menjadi boros dan konsumtif. Agar hal ini tidak terjadi, mulailah menyisihkan pendapatan dalam bentuk asuransi. Adanya kewajiban membayar premi setiap bulannya akan membuat Anda lebih disiplin dalam mengelola dan membelanjakan uang.

3. Sebagai Investasi Masa Depan

Beberapa perusahaan asuransi biasanya mempunyai produk asuransi yang juga termasuk dengan investasi, baik berupa reksadana atau saham. Produk asuransi ini bisa dijadikan sebagai investasi Anda untuk masa depan. Jadi selain memberi proteksi bagi diri sendiri, Anda juga akan memiliki sejumlah dana yang dapat dikembangkan sebagai dana pensiun.

4. Terhindar Dari Kemungkinan Kerugian Finansial

Meskipun Anda telah memiliki tabungan untuk menjamin kehidupan di hari tua, hal itu belumlah cukup. Kondisi yang sering terjadi, uang tabungan habis karena besarnya biaya perawatan melebihi kemampuan finansial. Untuk menghindari terjadinya kemungkinan ini, life insurance dapat menjadi perlindungan terbaik. Sebab asuransi akan meminimalkan resiko finansial yang ditanggung.

5. Premi Rendah

Keuntungan lainnya yang bisa didapat jika memiliki asuransi di usia produktif adalah harga premi yang rendah. Perusahaan penyedia asuransi biasanya akan memberikan premi lebih rendah jika pengajuan asuransi dilakukan di usia muda. Sebab di usia ini, resiko terjadinya peristiwa tidak terduga yang mengakibatkan kerugian, dianggap lebih kecil dibanding pada usia dewasa.

6. Rencana Keuangan Lebih Matang

Dengan memiliki asuransi, Anda sebagai pemegang polis dapat lebih fokus dan tepat dalam merencanakan keuangan untuk masa depan. Rencana Anda tidak akan terganggu dengan pengeluaran yang tidak diprediksijika punya asuransi. Jadi Anda bisa mengatur keuangan dengan lebih baik.

7. Menjamin Masa Depan

Dengan semua keuntungan sebelumnya, masa depan Anda dapat terjamin secara finansial dengan memiliki asuransi.Proteksi terhadap resiko serta pengelolaan keuangan yang baik, akan menjamin keamanan finansial Anda di masa depan. 

Bentuk-Bentuk Resiko Yang Dilindungi Asuransi

Asuransi dapat dikatakan sebagai pengalihan resiko dari pemegang polis kepada pihak penyedia layanan asuransi. Resiko ini sendiri dapat diartikan sebagai kerugian finansial yang timbul akibat peristiwa tak terduga yang mungkin terjadi di masa depan. Adapun resiko ini secara garis besar dibedakan menjadi 3 bentuk, yaitu:

1. Resiko Murni

Resiko ini hanya memiliki dua akibat, yakni rugi atau break event. Seperti terjadi pencurian, kecelakaan atau kebakaran.

2. Resiko Spekulatif

Resiko jenis ini memiliki tiga macam akibat, yaitu rugi, untung, atau break event. Resiko spekulatif berasal dari individu dan dampaknya lokal, contohnya kapal tenggelam, pesawat jatuh, atau kecelakaan mobil.

3. Resiko Fundamental

Resiko ini bukan berasal dari individu dan berdampak cukup luas. Seperti gempa bumi, angin topan atau tsunami.

Jenis Asuransi Yang Harus Dimiliki

Ada banyak sekali jenis asuransi yang bisa dipilih untuk menjamin keamanan finansial Anda di masa depan. Sekarang, Anda bahkan juga bisa dengan mudah membeli asuransi secara online di Futuready.com. Anda tidak harus membeli semuanya untuk mendapatkan proteksi, namun 3 jenis asuransi berikut ini sebaiknya Anda miliki:

1. Asuransi Jiwa

Asuransi ini akan memastikan kondisi finansial keluarga terjamin dan terlindung dari kerugian akibat kejadian tidak terduga. Yang mana ketika pemegang polis telah meninggal dunia, maka uang pertanggungan akan dibayarkan oleh pihak penyedia asuransi kepada ahli waris. Sehingga keluarga akan tetap mempunyai sumber dana untuk memenuhi kebutuhan hidup.

2. Asuransi Kesehatan

Kondisi kesehatan bisa menurun sewaktu-waktu tanpa dapat diprediksi. Itulah sebabnya jenis asuransi ini sangat penting untuk dimiliki, tidak hanya di usia tua tapi juga di usia produktif. Dengan asuransi kesehatan, ketika Anda menderita penyakit yang termasuk dalam tanggungan, maka tanggungan biaya perawatan dan pengobatan akan lebih ringan dengan adanya asuransi.

3. Asuransi Pendidikan

Dari tahun ke tahun, biaya pendidikan memang cenderung akan terus meningkat menjadi lebih mahal. Jika tidak dipersiapkan sejak awal, bukan tidak mungkin Anda akan kesulitan membayar biayanya. Untuk itu, asuransi ini ada menjamin pendidikan dari awal masuk SD hingga universitas nanti. Sehingga masa depan anak akan lebih terjamin dengan pendidikan yang tinggi.

Ada banyak manfaat asuransi yang menguntungkan, bukan? Terlebih lagi di usia muda, Anda bisa lebih matang merencanakan masa depan sekaligus menikmati hidup tanpa khawatir jika sewaktu-waktu butuh dana untuk kebutuhan tidak terduga. (*).


Share
Berita Terkait
  • tahun lalu

    Nasabah Asuransi Prudential ini Merasa dirugikan, dari Rp27 juta hanya kembali Rp9,2 juta?


    NASIONAL, - PT Prudential Indonesia akhirnya buka suara terkait dengan pengakuan nasabah yang merasa dirugikan setelah lebih dari 6 tahun ber

  • 3 tahun lalu

    Waduh, Asuransi Jiwa Kresna Life Terpapar Virus Jiwasraya?

    NASIONAL, - Grup Kresna sedang menjadi sorotan di pasar. Setelah hampir 2 hari ramai dikabarkan menunda penarikan investasi surat utang jangka menengah (MTN) nasabah. 

    <
  • 3 tahun lalu

    Hmm Usai Jiwasraya, Kini Bumiputera Ditagih Klaim Rp9,6 T

    NASIONAL, - Belum habis kasus gagal bayar polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero), giliran Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 dihadapkan pada kewajiban pembayaran klaim n

  • 3 tahun lalu

    Badai di PT Asuransi Jiwasraya, DPR Minta Penegak Hukum Cekal Mantan Direksi

    NASIONAL, - Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI merekomendasikan pencekalan terhadap direksi lama PT Asuransi Jiwasraya (Persero) periode 2013-2018. Tujuan pencekalan ini

  • Komentar
    Copyright © 2012 - 2022 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.Jasa SEO SMM Panel Buy Instagram Verification Instagram Verified