• Home
  • Serbaserbi
  • Mudik Masih Lama? Tetap Harus Siap dari Sekarang, Ini 4 Tips Penting Kalau Bawa Mobil Pribadi
Minggu, 27 Mei 2018 17:05:00

Mudik Masih Lama? Tetap Harus Siap dari Sekarang, Ini 4 Tips Penting Kalau Bawa Mobil Pribadi

ilustrasi

JAKARTA – Menyambut hari raya, tak luput dari acara silaturahmi ke sanak saudara yang berada di daerah berbeda dengan bermudik.

Jika ingin mudik dengan kendaraan pribadi, semua harus dipersiapkan dengan matang seperti biaya pengeluaran perjalanan seperti tarif tol, biaya bensin, hingga jalur mudik lebaran 2017 yang aman, serta asuransi mudik lebaran yang mesti dibeli agar lebih aman.

Saat memutuskan menggunakan mobil pribadi, sebaiknya hitung terlebih dahulu estimasi pengeluarannya agar keuangan keluarga tetap terkontrol.

Mengutip situs resmi cekaja.com ada beberapa komponen utama yang harus dihitung ketika memutuskan untuk mudik dengan mobil pribadi, antara lain, servis mobil, menyiapkan biaya bensin, biaya tol, asuransi mudik lebaran yang mesti dibeli, hingga biaya makan dan minum sepanjang perjalanan.

1. Persiapan
Lakukan persiapan matang dengan kondisi mobil guna meminimalisir risiko buruk di perjalanan. Siapkan dana khusus untuk mendatangi bengkel sebelum mudik. Selain ke bengkel, pastikan pula kendaraan terlindungi asuransi kendaraan bermotor. Asuransi kendaraan bermotor akan menekan risiko finansial yang harus ditanggung ketika terjadi sesuatu yang buruk dengan mobil kesayangan.

2. Biaya Bensin
Untuk menghitung biaya bensin, carilah estimasi harga bahan bakar tertinggi per liternya. Selain itu, cari tahu berapa jarak yang bisa ditempuh dengan 1 liter bahan bakar. Jangan lupa juga hitung jarak dari kota perantauan ke kampung halaman.

Harga bahan bakar saat ini ada di kisaran Rp 8.000 – Rp 9.400 per liternya. Untuk memudahkan perhitungkan, ambil saja angka tertinggi yaitu Rp9.400 per liter.

Lihat dahulu apa jenis mobil yang digunakan untuk mudik. Konsumsi bahan bakar setiap jenis mobil bisa berbeda-beda. Untuk konsumsi bensin All New Avanza 1.300 cc adalah 12,6 km per 1 liter bensin, sama dengan All New Xenia 1.298 cc yaitu 12,6 km per 1 liter bensin.

Sementara jenis lain yaitu Ertiga mesin bensin 1.373 cc mampu menempuh 16,02 km per 1 liter bensin dan mesin diesel 1.300 cc mampu menempuh 20,77 km dengan 1 liter solar.

Contoh perhitungan:

Tujuan mudik = Jakarta – Brebes dengan jarak 281 km

Mobil = All New Xenia 1.298 cc (12,6 km per 1 liter bensin)

Bensin yang dibutuhkan = 281 km : 12,6 km = 22,3 liter

Biaya bensin = 22, 3 liter x Rp9.400 = Rp209.620

3. Biaya tol

Untuk menghitung biaya tol Lebaran. Cari tahu jalur tol mana saja yang akan dilewati, kemudian update tarif tol 2017 terbaru. Berdasarkan pemberitaan di media, beberapa jalan tol untuk mudik lebaran 2017 digratiskan karena baru bisa dilalui secara fungsional atau darurat.

4. Jangan lupakan biaya untuk makan dan minum

Membawa bekal makanan berat dan cemilan dari rumah tentu akan menghemat biaya perjalanan. Namun, apabila merasa repot membawa perbekalan, maka siapkan bujet untuk ini.

Misalnya, batasi biaya makan hanya Rp25.000 sekali makan per orang, sehingga saat mencari makan tidak perlu berhenti di restoran yang mahal. Carilah tempat makan yang sesuai bujet untuk menekan biaya perjalanan.

 

(mys/jpc/pojoksatu)

 

 

Share
Komentar
Copyright © 2012 - 2022 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.Jasa SEO SMM Panel Buy Instagram Verification Instagram Verified