Jumat, 09 Agustus 2013 11:25:00

Baju Kurung untuk Lebaran di KL

jpnn


riauone.com Jakarta (roc) - Bunga Citra Lestari (BCL) merencanakan Lebaran bersama keluarga besar suaminya di Kuala Lumpur. Namun, karena kesibukan yang tidak bisa ditinggal, sampai-sampai sang suami, Ashraf, harus menelepon keluarganya di Malaysia agar bersedia datang ke Jakarta.
    
"Aku sudah telepon, mau enggak mereka ke sini. Untungnya, mereka mau. Katanya sekalian suasana baru Lebaran di Jakarta. Paling nanti kalau mereka balik ke KL, saya dan Bunga ikut," tutur Ashraf di restoran barunya di kawasan Kuningan, Jakarta, beberapa waktu lalu.
    
Untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri di negeri seberang, Bunga sudah menyiapkan baju kurung. Untuk Ashraf dan Noah, perempuan yang akrab disapa Unge itu menyiapkan baju Melayu lengkap dengan samping (sarung yang dililit di pinggang). "Kami enggak pernah kembaran karena selera beda-beda. Biasanya, Ashraf sama Noah yang kembar," kata Unge.
    
Unge mengaku sangat ingin pergi ke Kuala Lumpur karena sudah dua tahun dia tidak berkunjung ke sana. Lebaran tahun lalu, Unge dan keluarganya merayakan Lebaran di Jakarta karena kesibukan yang padat.
    
Menurut pelantun lagu Cinta Sejati itu, suasana merayakan hari kemenangan di Indonesia dan di Malaysia sangat jauh berbeda. Selain waktu salat Id yang lebih siang, semua orang Malaysia mengenakan baju adat saat Lebaran, yakni baju kurung. Hanya warnanya yang berbeda-beda, bergantung pada kesepakatan keluarga.
    
Selain itu, makanan yang disajikan di tanah kelahiran suaminya itu juga berbeda dengan makanan di Indonesia. Salah satunya adalah lemang yang menurut Unge tidak pernah dijumpainya saat Lebaran di Jakarta.
    
"Walau ada rendang, tapi rasanya juga beda. Yang jelas, aku sudah lama banget nggak ketemu keluarga besar Ashraf. Keluarga inti sih sering. Tapi, kalau keluarga besar, ngumpul semua pas Lebaran," ujarnya. (zar/jpnn)
Share
Komentar
Copyright © 2012 - 2022 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.