Rabu, 22 Juni 2022 10:36:00

Ikan Air Tawar di Kamboja ini Dikatan yang Terbesar di Dunia?

AFP PHOTO

DUNIA, - Seorang nelayan telah menangkap ikan air tawar terbesar yang pernah tercatat, di sungai Mekong, Kamboja. Ikan tersebut yaitu ikan pari dengan berat mencapai 300 kilogram.

Ini Wujud Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia yang Terjaring di Kamboja

Foto dari Wonders of the Mekong menunjukkan ikan pari air tawar raksasa yang ditangkap dan dilepaskan di Sungai Mekong di Provinsi Stung Treng, Kamboja.

Ikan pari air tawar raksasa, yang berukuran panjang empat meter (13 kaki) dari moncong ke ekor, ditangkap minggu lalu dan dilepaskan kembali ke alam liar setelah dipasangi tanda untuk melacak perilakunya.

Penghuni dasar sungai yang mengerikan itu mengalahkan rekor sebelumnya untuk ikan air tawar terbesar yang tercatat yang dipegang oleh ikan lele raksasa Mekong seberat 293 kilogram (646 pon) yang ditangkap di Thailand pada tahun 2005.

"Ikan pari yang ditangkap di Provinsi Stung Treng di Kamboja utara itu, lebih dari dua kali berat rata-rata gorila dataran rendah," kata para ahli.

"Dalam 20 tahun meneliti ikan raksasa di sungai dan danau di enam benua, ini adalah ikan air tawar terbesar yang kami temui atau yang telah didokumentasikan di mana pun di seluruh dunia," Zeb Hogan, ahli biologi ikan yang memimpin proyek Keajaiban Mekong, mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dirilis Selasa.

"Ini adalah penemuan yang benar-benar mencengangkan, dan membenarkan upaya untuk lebih memahami misteri di sekitar spesies ini dan bentangan sungai yang luar biasa tempat tinggalnya."

Para peneliti memasang tag akustik ke ikan pari sebelum mengembalikannya ke sungai, untuk mencoba mempelajari lebih lanjut tentang perilaku makhluk rahasia yang sulit dipahami itu.

Bulan lalu, ikan pari air tawar raksasa yang terancam punah sepanjang empat meter dan berat 180 kilogram juga dipancing oleh seorang nelayan di provinsi yang sama.

Lebih dari 1.000 spesies ikan menjadikan Mekong sebagai rumah dan ikan pari bukan satu-satunya raksasa yang bersembunyi di perairan berlumpur - ikan lele raksasa dan duri raksasa juga mencapai panjang tiga meter dan berat 270 kilogram.

Para ilmuwan telah memperingatkan bahwa sampah plastik mengancam satwa liar bahkan di bagian terdalam Sungai Mekong, bersama dengan jaring hantu yang ditinggalkan oleh nelayan tetapi masih bisa menjerat ikan.

Jalur air yang terkenal dimulai di Tiongkok dan berbelok ke selatan melalui bagian dari Thailand, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Vietnam, memberi makan 60 juta orang melalui cekungan dan anak sungainya.

Namun para pencinta lingkungan telah lama menyuarakan keprihatinan tentang pembangunan bendungan di sepanjang Sungai Mekong yang akan menghancurkan stok ikan. AFP PHOTO/Wonders of the Mekong

Share
Berita Terkait
  • 8 tahun lalu

    Dislutkan Meranti Dukung Budidaya Ikan Air Tawar di Desa Alai

    riauonecom, Alai, Meranti, Riau, roc, - Usai mendapatkan pelatihan pembudidayaan ikan air tawar di Kelurahan Teluk Belitung, Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti, Ri
  • Komentar
    Copyright © 2012 - 2022 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.Jasa SEO SMM Panel Buy Instagram Verification Instagram Verified