• Home
  • Jambi
  • Bupati: Penanggulangan kemiskinan prioritas pembangunan Merangin
Jumat, 22 Mei 2015 10:37:00

Bupati: Penanggulangan kemiskinan prioritas pembangunan Merangin

bupati merangin al haris
RIAUONE.COM, JAMBI, ROC, - Bupati Merangin Al Haris mengatakan, penanggulangan kemiskinan merupakan salah satu prioritas pembangunan di kabupaten yang dipimpinnya.
 
"Guna menurunkan angka kemiskinan telah diluncurkan berbagai program, seperti di klaster satu berupa program perlindungan sosial yang berbasis rumah tangga," katanya saat membuka sosialisasi Pemutahiran Basis Data Terpadu (PBDT) di Merangin, Kamis.
 
Untuk itu, tahun 2019 angka kemiskinan di Kabupaten Merangin harus terus ditekan hingga 4,2 persen, kata Haris menjelaskan.
 
Selain itu, di klaster dua pada penanggulangan kemiskinan juga telah diluncurkan berupa program-program pemberdayaan masyarakat yang berbasis kelompok. Sedangkan di klaster tiga diberikan bantuan kredit usaha rakyat.
 
Tidak hanya itu, pada klaster empat juga diluncurkan berbagai program penanggulangan kemiskinan lainnya, seperti pembangunan infrastruktur dasar baik transportasi, pertanian, pendidikan, kesehatan dan akses permodalan.
 
Sejalan dengan hal itu, sebagai wujud komitmen pemerataan pembangunan dan pengurangan kemiskinan, Pemkab Merangin juga telah melaksanakan program 'Merangin Pintar', 'Merangin Sehat' dan program lain yang langsung menyentuh rumah tangga miskin.
 
Namun dari berbagai program pengentasan kemiskinan itu, banyak muncul protes dari berbagai pihak terkait tidak validnya data masyarakat miskin penerima program di Merangin.
 
Kondisi ini turut mempengaruhi keberhasilan capaian program penanggulangan kemiskinan, karena faktanya masih ada orang miskin yang seharusnya mendapatkan bantuan, jadi tidak menerima.
 
"Menyikapi realitas itu, harus ada perubahan pemutakhiran data secara berkala dengan melibatkan 'stakeholder' yang berkompeten. Dukungan data yang 'up to date' sangat dibutuhkan guna menyempurnakan program tersebut," kata Al Haris. (ant/roc)
Share
Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Kasus Bupati Kuansing, KPK Panggil Sekda Kuansing Terkait Kasus Suap Bupati Andi Putra

    NASIONAL, - KPK memanggil Pj Sekda Kabupaten Kuansing, Agus Mandar, sebagai saksi. Agus akan diperiksa dalam kasus dugaan suap terkait perizinan perkebunan yang menjerat Bupati

  • 3 bulan lalu

    Kuansing Punya Cerita, ini Kronologi KPK Tangkap Tangan Bupati Andi Putra

    NASIONAL, - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Kuantan Singingi (Bupati Kuansing) Andi Putra menjadi tersangka suap yang berhubungan dengan perpanjangan izin p

  • 4 bulan lalu

    Versi LHKPN, Ini Daftar Kekayaan Bupati dan Walikota di Provinsi Riau

    RIAU, PEKANBARU, - Laporan harta kekayaan, atau laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) menyebutkan kekayaan kepala daerah di riau, berikut laporan harta kekayaan ke

  • 9 bulan lalu

    Masa Jabatan Bupati Rohul Periode 2016-2021 Berakhir Pada Tanggal 22 April 2021

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Masa Jabatan Bupati Rokan Hulu (Rohul) periode 2016 - 2021 H. Sukiman, berakhir pada hari Kamis tanggal 22 April 2021 pukul 00.00 WIB. Untuk mengisi ke

  • Komentar
    Copyright © 2012 - 2022 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.