• Home
  • Jambi
  • Pemprov Jambi dukung pelatihan peningkatan kualitas SAR
Rabu, 27 Mei 2015 21:48:00

Pemprov Jambi dukung pelatihan peningkatan kualitas SAR

kapal tenggelam. ilustrasi
RIAUONE.COM, JAMBI, ROC, - Pemerintah Provinsi Jambi mendukung kegiatan pelatihan tim SAR Nasional di perairan Jambi untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas serta teori pertolongan.
 
Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Ridham Priskap ,Selasa, mengatakan, untuk melakukan pertolongan saat terjadinya bencana alam maupun lainnya di darat dan laut, tentu sangat membutuhkan petugas yang memiliki kecepatan dan keterampilan.
 
"Pada saat musibah terjadi, seorang personil SAR itu harus mampu melakukan tindakan yang tepat handal dan aman," kata Ridham.
 
Sekda mengungkapkan, dukungan Pemerintah Provinsi Jambi untuk melakukan sinergisitas/saling membantu antar sesama yakni dengan aktifnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang selalu siap bekerja sama memberikan bantuan pada saat bencana terjadi.
 
Sementara itu, Direktur Bina Ketenagaan dan Pemasyarakatan Basarnas, Brigjend (Mar) Suprayogi, menjelaskan, semenjak tahun 2007 SAR telah berdiri sendiri dan tidak lagi berada di bawah Kementerian Perhubungan
 
UU Nomor 29/2014 tentang pencarian dan pertolongan pada korban yang mengalami musibah atau bencana, telah menguatkan posisi SAR dalam menjawab tuntutan luar negeri terhadap negara Indonesia dalam memberikan jaminan terhadap negara lain yang melintas maupun beraktifitas di negara Indonesia.
 
"Harus independen menangani lebih banyak masalah keselamatan. Kita membenahi diri dan gelar Basarnas berdasarkan potensi rawan di setiap daerah," kata Suprayogi.
 
Dia juga mengungkapkan, kecelakaan dan bencana alam maupun kondisi yang membahayakan manusia sudah menjadi tugas SAR dalam melakukan penyelamatan dan evakuasi. Dan saat itu tindakan penting personil yang terampil sangat diperlukan.
 
Pelatihan SAR di Jambi berlangsung selama lima hari dan diikuti 55 orang dari unsur TNI, Polri dan anggota masyarakat dengan dilatih sembilan instruktur.
 
Sasaran pelatihan dalam melakukan teknik penyelamatan yakni bongkar pasang perahu karet, operasional motor tempel, kemampuan mendayung perahu, pertolongan korban di air serta penyelamatan korban dan tidak menjadi korban saat melakukan pertolongan. (ant/roc).
Share
Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Hadiri Hari Jadi Provinsi Jambi, Gubernur Kepri Doakan Jambi

    KEPRI, - Hadiri Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Provinsi Jambi, Gubernur Kepri Doakan Jambi Pulih dan Mantap

    Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad hadir baru-baru

  • 3 minggu lalu

    Tahun Ini 269 Kelompok Ternak Terima Bantuan 1.883 Sapi Pemprov Riau

    RIAU, PEKANBARU - Dinas Peternakan dan Kesehatan (DKP) Provinsi Riau bergerak cepat usulkan pengadaan 1.883 ekor sapi untuk kelompok ternak ke Unit Layanan Pengadaan (ULP), Biro

  • 3 bulan lalu

    Pemkab Inhu Sambut Fasilitator Balai Prasarana Permukimam Wilayah Riau

    INHU - Didampingi Plt. Kepala Dinas PUPR Inhu dan Plt. Kepala Bappeda Inhu, Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi menyambut Fasilitator Balai Prasarana Permukimam Wilayah R

  • 5 bulan lalu

    Cemaran Udara, Cerobong Asap Perusahaan Sawit persis berada di areal PT Sarana Agro Nusantara Ganggu Kesehatan Warga

    DUMAI, - Pagi 2 September 2021, Cerobong Asap Perusahaan Sawit keluarkan asap hitam, cerobong asap ini persis berada di areal PT Sarana Agro Nusantara (PT SAN) di Jalan Datuk La

  • Komentar
    Copyright © 2012 - 2022 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.