• Home
  • Riau Raya
  • Usai berkunjung ke Provinsi Riau, Sumbar Juga Tiru Riau Tentang Pengumuman Penetapan Harga Sawit
Sabtu, 08 Januari 2022 02:32:00

Usai berkunjung ke Provinsi Riau, Sumbar Juga Tiru Riau Tentang Pengumuman Penetapan Harga Sawit

RIAU, PEKANBARU - Usai berkunjung ke Provinsi Riau beberapa waktu lalu, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat akan menerapkan sistem penetapan harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit 4 kali penetapan saban bulan. Penetapan perdana akan dilaksanakan pada Selasa (11/1/2022) mendatang.

" Informasi yang kita terima memang begitu. Jadi gak dua kali lagi dalam sebulan seperti sebelumnya," ujar Ketua DPW Apkasindo Sumbar, Jupri Nur  Jumat (7/1/2022).

Jupri juga menyatakan mendukung langkah penetapan 4 kali dalam sebulan tersebut. Menurutnya harga yang ditetapkan berpotensi lebih tinggi dibandingkan dengan penetapan dua kali sebelumnya.

" Ini lebih menguntungkan petani, dimana CPO biasanya akan lebih tinggi naiknya jika dihitung tiap pekan. Dengan begitu otomatis petani akan semakin sejahtera," tuturnya.

Jupri tak menampik bahwa langkah ini adalah buah hasil dari kunjungan studi banding Disbun Sumbar ke Disbun Riau beberapa waktu lalu. Dimana dalam gelaran yang Ia turut hadi dalam kunjungan itu dijelaskan bagamanai sistem penerapan penetapan 4 kali sebulan dan juga cara penghitungannya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan Riau, Defris Hatmaja mengatakan bahwa Pergub 77/2020 tentang tata niaga sawit perkebun swadaya dan perhitugan sisa cangkang memang sudah dilirik beberapa daerah.

Usai Sumbar dan Sumsel dua provinsi lain yakni Papua barat dan Kalimantan Barat ikut menyusul.

" Alhamdulillah oleh Dirjenbun Pergub Riau akan dijadikan rules model nasional dalam penetapan harga TBS. Artinya, dengan adanya Pergub ini akan memberikan kepastian pasar bagi pekebun kita dalam menjual TBSnya dan bagi perusahaan PKS akan ada kepastian bahan baku bagi pabriknya sesuai dengan kapasitasnya," tutur Defris.

" Intinya, semangat dari Pergub 77/2020 ini adalah untuk memberikan harga yg berkeadilan bagi pekebun kita," imbuhnya. (MCR/*)


Share
Berita Terkait
  • tahun lalu

    Gegara Malaysia Lockdown total, Di Riau Harga Sawit Turun Hingga Rp102,26 per Kg


    RIAU, PEKANBARU - Harga tandan buah segar atau TBS kelapa sawit di Riau untuk periode 2 - 8 Juni 2021 mengalami penurunan.

  • tahun lalu

    Ini Daftar Harga TBS Sawit di Riau Jelang Idulfitri

    RIAU, - Jelang Idulfitri 1442 H/2021, harga tandan buah segar atau TBS sawit di Provinsi Riau mengalami kenaikan harga. Kenaikan harga TBS sawit ini dipicu kontrak CPO berjangka

  • tahun lalu

    TBS Naik? Berikut Ini Daftar Lengkap Harga TBS Sawit di Riau untuk Sepekan Kedepan

    RIAU, PROVINSI, - Memasuki awal Ramadan 1442 H/2021, harga Tandan Buah Segar atau TBS sawit di Provinsi Riau alami kenaikan harga.

    Menurut Kabid Perdagangan dan Promosi Di

  • 2 tahun lalu

    Di rugikan Miliaran Rupiah, 16 KUD Mitra Sinarmas Grup Ngadu ke DPRD Inhu

    RIAUONE, Inhu - Ketua Komisi II DPRD Indragiri hulu (Inhu) Riau, Dodi Irawan, SHi mendampingi 16 Koperasi Unit Desa (KUD) menaungi ribuan petani kelapa sawit melakukan mediasi d

  • Komentar
    Copyright © 2012 - 2022 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.Jasa SEO SMM Panel Buy Instagram Verification Instagram Verified