• Home
  • Riau Raya
  • Disnakertrans Riau Kaget, PT IKPP Siak tak Lapor Ada Ledakan Mesin
Jumat, 15 Oktober 2021 18:51:00

Disnakertrans Riau Kaget, PT IKPP Siak tak Lapor Ada Ledakan Mesin


RIAUONE.COM, SIAK - Di PT Indah Kiat Pulp and Paper ( IKPP) ada kejadian di recovery boiler (RB) 6 di Perawang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau. Screenshot gambar berupa mesin meledak beredar luas melalui pesan WhatsApp. 

Humas PT IKPP Armadi awalnya tidak mengakui adanya ledakan di RB 6 pabrik kertas terbesar di Asia Tenggara tersebut. Setelah dikonfirmasi ke pihak internalnya, ia mengatakan RB 6 tidak meledak, sebab jika RB 6 meledak sudah dipastikan geger dan masyarakat Perawang terkena imbasnya. 

"Tidak ada di tempat kita yang meledak. RB tidak meledak kenapa harus dipaksakan ada," kata Armadi saat pertama dikonfirmasi para awak media meski bukti gambar sudah dikirimkan melalui pesan Whatsapp.

Setelah ditanyakan, apa yang terjadi di RB6 pabrik kertas itu, ia meminta waktu untuk mengumpukan informasi ke internalnya. Setelah beberapa waktu, barulah ia mengakui memang ada insiden, bahwa ada letupan di salah satu tangki di RB 6.

"Saya kemarin cuti 2 hari jadi tidak tahu informasi itu. Saya sudah cari tahu di dalam, hanya ada letupan kecil yang mengakibatkan tutup tengki bergeser. Tidak ada korban jiwa," kata dia. 

Informasi yang dihimpun awak media ada kejadian berupa ledakan di RB 6 PT IKPP pada 1 Oktober 2021. Meski kejadian itu sudah lebih seminggu namun ada upaya manajemen PT IKPP untuk menyembunyikan informasi itu. 

Ditanyakan kembali bukti gambar yang melihatkan suasana ruangan pabrik meledak, Armadi berkilah. Ia bersikeras mengatakan hanya letupan di bagian tengki yang membuat tutup tengki bergeser. Menurutnya, insiden itu tidak perlu dilaporkan ke Disnakertrans Riau. 

Sementara itu, Kepala Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan Disnakertrans Provinsi Riau, Imron Rosyadi kaget dengan sikap pihak PT IKPP. Sebab kejadian itu juga harus ada laporan ke pihaknya. Kejadian kecil bisa seperti fenomena gunung es jika pihak perusahaan menyembunyikannya dari pihak berkewenangan. 

" Kami menurunkan tim pengawas ketenagakerjaan dulu untuk melakukan Pulbaket ke PT IKPP Tualang, Jumat (15/10/2021) besok. Jika pihak PT IKPP merasa tidak perlu laporan ke Disnakertrans Riau itu adalah pendapat yang sangat keliru," kata Imron Rosyadi. 

Imron menegaskan, pihaknya mempunyai komitmen yang tinggi untuk melakukan pengawasan kepada perusahaan. Pihaknya bekerja sesuai regulasi, sedangkan pihak perusahaan juga ada regulasi yang mengaturnya. 

"Jika ada insiden yang dapat mengancam nyawa pekerja di dalam kawasan perusahaan maka pihak perusahaan itu wajib membuat laporannya ke Disnakertrans Provinsi. Saat ini kita kan belum dapat menduga ledakan apa yang terjadi di RB 6 pabrik tersebut, bagaimana potensi akibatnya jika kawasan itu meledak, tentu akan kita selidiki," kata dia.

Imron juga meminta pihak PT IKPP untuk tidak berupaya mengelabui instrumen publik terkait kejadian-kejadian yang bisa mengancam nyawa pekerja.

Laporan: Masroni

Share
Komentar
Copyright © 2012 - 2021 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.