• Home
  • Riau Raya
  • Rakor Pelaksanaan Pembangunan Riau, Wakil Bupati Siak Usulkan Pembangnan Jalur Kereta Api
Minggu, 08 Maret 2015 07:51:00

Rakor Pelaksanaan Pembangunan Riau, Wakil Bupati Siak Usulkan Pembangnan Jalur Kereta Api

bupati siak Syamsuar
RIAUONE.COM, SIAK, ROC, - Wakil Bupati Siak H Alfefri mengikuti Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pembangunan Provinsi Riau Siak yang diikuti oleh Bupati/Walikota se Prov Riau di Balai Serindit Gedung Daerah Prov Riau Pekanbaru, kemarin.  
 
Dalam kesempatan tersebut Alfedri mengusulkan jalan darat dari Buton ke Pekanbaru, jalur kereta Api di sebelah pipa BOB, Pembebasan lahan, usulan terkait lokasi pengapalan Minyak diTanjung Buton, Pengembangan kawasan Industri Tanjung Buton, pembebasan lahan jalan tol Pekanbaru Dumai melalui lahan HGU PT Ivo Mas, pembangunan listrik (kondisi 67 desa belum teraliri listrik), kendala pembangunan pembangkit tenaga listrik, infrastruktur jalan pekanbaru perawang lebih kurang 10km dan relokasi bandara SSQ II dibangun di kabupaten Siak karena sebelumnya telah diusulkan dari tahun 2006 yang lalu.
 
Menanggapi usulan tersebut Plt Gubri mengatakan untuk pembangunan jalan yang diusulkan tadi segera dibicarakan ke Bappeda Provinsi. Saat ini menurutnya untuk kab Siak ada 6 kegiatan anatara lain Peningkatan jalan simpang Minas - Perawang, Pembangunan jembatan Sungai Belading, Peningkatan jalan Maredan, peningkatan jalan poros Tuah Indrapura kecamstsn Bungaraya, Semenisasi jalan Desa di kec Bungaraya, dan Peningkatan Jalan Desa Kuala Gasib Kec Koto Gasib.
Untuk Pembangunan listrik sedang kita persiapkan dan pihak kementerian terkait sudah mengetahui hal tersebut, ujarnya.
 
Kemudian pembebasan lahan HGU milik PT Ivo Mas sekitar 10 Km di tambah didengan 7 Km yang sudah di bebaskan lahannya berarti totalnya 17 Km,  hal nanti akan kita bicarakan dengan pihak Hutama Karya, kata Gubri.
 
Sementara itu untuk relokasi bandara sebaiknya dibicarakan pada waktu khusus, perlu diketahui untuk peningkatan bandara kita menjadi Aero City membutuhkan lahan minimal 10 ribu hektar dan ini belum kita dudukan menjadi tanggungjawab siapa. Selanjutnya nanti akan kita bicarajan ke tingkat Pusat, jelasnya.
 
Sebelum sesi dialog dengan para Bupati/Walikota Plt Gubri Arsyadjuliandi Rachman dalam paparannya menyampaikan Tujuan Rakor ini antara lain Membicarakan pembangunan Prop Riau kedepan sekaligus membicarakan program prioritas yang belum sempat diusulkan.
 
Selanjutnya hasil dari Rakor ini akan kita bicarakan dengan Wapres Yusuf Kalla, Saya nanti akan mengundang Bupati/Walikota se Provinsi Riau untuk ketemu dengan Wapres Yusuf Kalla.
Rakor ini membahas isu-isu penyelenggaraan Pemetintahan daerah antara lain Pilkada Serentak, Akuntabilitas kinerja pemerintah Kabupaten/Kota, tata kelola dan Pemerintahan Kab/ Kota.
 
Kemudian membahas harmonisasi RPJMN dan RPJMD provinsi Riau, Kerjasama pembangunan seperti; Pekan Sikawan, Merangkai Pulau (Siap Bedelau) dan pengembangan Transportasi dan Pelabuhan.
 
Hadir dalam rapat koordinasi, tersebut Ketua DPRD Riau, Ketua DPRD Kota, Danlanud, Kasrem, Danlanal, Kapolda Riau, Sekdaprov Riau, seluruh Bupati/Walikota. (ssc/roc)
Share
Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    Tahun Ini 269 Kelompok Ternak Terima Bantuan 1.883 Sapi Pemprov Riau

    RIAU, PEKANBARU - Dinas Peternakan dan Kesehatan (DKP) Provinsi Riau bergerak cepat usulkan pengadaan 1.883 ekor sapi untuk kelompok ternak ke Unit Layanan Pengadaan (ULP), Biro

  • satu bulan lalu

    Coming Soon! Pekan Raya Biologi 2022: Semangat Berkarya, Cerdaskan Bangsa

    RIAU, PEKANBARU, - Dalam tugasnya mencerdaskan kehidupan   bangsa, para  Mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas   Keguruan   dan   Il

  • 2 bulan lalu

    Dewan Pers Verifikasi Faktual riauone.com


    RIAU, DUMAI, - Rombongan Dewan Pers mengunjungi Kantor redaksi riauone.com di Jalan Wan Zen Mundam Dumai Riau, Jumat petang (03/12/2021). Kunjungan tersebut dalam ran

  • 3 bulan lalu

    Staff Ahli Mewakili Bupati Bengkalis Hadiri Pelantikan IKMR Bathin Solapan

    BENGKALIS, Bathin Solapan-Bupati Bengkalis Kasmarni, SSos,MMP diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Toharudin, SH, M.Si hadir ketika pelantikan pengurus Ikat

  • Komentar
    Copyright © 2012 - 2022 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.