Kamis, 26 Maret 2015 08:59:00

SMKN 1 Minas Targetkan Raih Anugerah Adiwiyata

ilustrasi
RIAUONE.COM,  SIAKSRIINDRAPURA, roc, - Sekolah Adiwiyata adalah salah satuprogram Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya sekolah yang peduli lingkungan yang sehat, bersih danindah, melalui proses belajar mengajar materilingkungan hidup dan turut berpartisipasi aktif melestarikan serta menjaga lingkunganhidup di sekolah dan lingkungansekitarnya.
 
SMKN 1 Minas memancangkan tekad untuk bisa mewujudkan diri menjadisekolah Adiwiyata pada tahun 2015 ini, berbagai program sudah dilakukan untukmewujudkannya. Saat ini SMKN 1 Minas sudah menerapkan kebijakan berwawasanlingkungan, menerapkan kurikulum berbasis lingkungan, melaksanakan kegiatanlingkungan berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana pendukung yang ramahlingkungan.
 
Kepala SMKN 1 Minas, Agustina Susilawati, MPd didampingi Wakil Kepala BidangHumas, Gulma Saidayani Siregar, S.Pd menjelaskan, sebenarnya semenjak tahun2014 kita sudah menargetkan untuk mewujudkan SMKN 1 Minas menjadi SekolahAdiwiyata, tapi baru tahun ini kita targetkan ini bisa terwujud sebab untukmencapainya tidak mudah, bukan hanya sebatas tekad dan komitmen tapimembutuhkan dukungan seluruh komponen sekolah, baik guru, pegawai, siswa,orangtua, lingkungan dan juga alumni. Hal ini sesuai dengan prinsif-prinsifdasar program adiwiyata yaitu partisipatif dan berkelanjutan.
 
Menurut Gulma yang Mantan aktivis mahasiswa 1998 Riau ini, programadiwiyata ini penting dicapai sekolah sebab sedikitnya ada lima keuntungan yangakan didapat sekolah, antara lain: mendukung  pencapaian standarkompetensi/ kompetensi dasar dan standar kompetensi lulusan (SKL), meningkatkan efesiensi penggunaan dana operasional sekolah melaluipenghematan dan pengurangan konsumsi dari berbagai sumber daya dan energy, menciptakan kebersamaan warga sekolah dan kondisi bejar mengajar yanglebih nyaman dan kondusif, menjadikantempat pembelajaran nilai-nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidupyang baik dan bemar bagi warga sekolah dan masyarakat sekitar dan meningkatkan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melaluikegiatan pengendalian pencemaran, pengendalian kerusakan dan pelestarian fungsilingkungan sekolah.
 
Alhamdulillahsaat ini kami sudah memiliki Tim Adiwiyata Sekolah (TAS) yang diketuai bu EkaAsfianur, SPd, sudah memiliki kajian dan rencana aksi lingkungan dan kami sedangmenyiapkan dokumen untuk persyaratan mendapat anugerah Adiwiyata. " Kami optimistahun 2015 ini, SMKN 1 Minas bisa mewakili kabupaten Siak bersaing ditingkatProvinsi dan Nasional, untuk itu dukungan semua pihak khususnya DinasPendidikan dan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Siak sangat kami harapkan," tegas Gulma menutup wawancara.  (rls/roc)
Share
Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Ini Daftar Pengumuman Penerima Beasiswa Anak tempatan Disdik Bengkalis 2021

    BENGKALIS - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bengkalis secara resmi telah mengumumkan, nama-nama penerima beasiswa, Selasa 7 Desember 2021.

  • satu bulan lalu

    Dinas Pendidikan Umumkan Penerima Beasiswa 2021

    BENGKALIS - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bengkalis secara resmi telah mengumumkan, nama-nama penerima beasiswa, Selasa 7 Desember 2021.

    Ada tiga kategori beasiswa y

  • 3 bulan lalu

    Bulutangkais, Hasil Piala Thomas 2021 Tadi Malam: Indonesia dan Denmark Senasib, Korsel Tak Terbendung

    SPORT, OLAHRAGA, - Ajang Piala Thomas 2021 sudah memasuki matchday kedua.
    Negara dengan kultur bulutangkis kuat seperti Indonesia, Denmark dan Korea Selatan berhasil menganto

  • 4 bulan lalu

    Kapolsek Ujungbatu Kompol Amru Hutauruk Targetkan Secepatnya Kecamatan Ujungbatu Zona Hijau

    Rokan Hulu, RiauOne.Com - Polsek Ujungbatu secara rutin membuka gerai vaksin Presisi TNI Polri, dengan melakukan pelayanan vaksinasi bagi masyarakat umum dan para pelajar untuk

  • Komentar
    Copyright © 2012 - 2022 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.