Senin, 23 Maret 2015 11:31:00

Seribu Siswa Siak Ikuti Sikat Gigi se-Dunia

Wakil Bupati Siak Afedri dan anak SD sikat gigi
RIAUONE.COM, SIAK, ROC, - Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kabupaten Siak menggelar aksi sikat gigi massal, aksi sikat gigi massal ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada hari ini kemarin. 
 
Sebanyak 1000 siswa SD YPPI Perawang melaksanakan aski tersebut sempena peringatan hari Kesehatan Mulut dan Gigi sedunia World Oral Health Day (WOHD) yang jatuh pada hari ini.
 
Wakil Bupati Siak Alfedri saat membuka kegiatan tersebut mengajak siswa  agar selalu berperilaku hidup bersih dan sehat, salah satunya dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut. Dirinya menambahkan betapa pentingnya bagi siswa untuk mengetahui kesehatan gigi, yaitu dengan menyikat gigi secara benar. Dalam menyikat gigi harus dilakukan dua kali sehari. Selalu  Mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun, dan mengkonsumsi rutin obat cacing, jelasnya.
 
"Dari kecil harus bisa tahu bagaimana cara menyikat gigi yang membenar. Gunanya supaya giginya tidak berlubang," imbau Alfedri. 
 
Pada kesempatan tersebut Ia mengajak para siswa untuk aktif pramuka dan mengamalkan Dasa Dharma Pramuka yang harus selalu  amalkan dalam hidup sehari-hari.
 
Turut hadir  Kadis Kesehatan Siak Toni Chandra, Ketua TP PKK Siak Hj. Misnarni Syamsuar, wakil TP PKK Siak Hj. Rasida Alfedri, Camat Tualang Zulkifli, Kepala UPTD Pendidikan Tualang Zahroni, Penghulu Tualang Juprianto, Lurah Perawang Rizannaky dan pengurus Ikatan Dokter Gigi (IDGI) Kab Siak.
 
Selain itu, Ketua TP PKK Kabupaten Siak Hj. Misnarni Syamsuar menambahkan kegiatan ini sangat baik sekali, bila anak memiliki gigi yang tidak sehat, dia akan sulit mencerna makanan sehingga proses pertumbuhan si anak akan terganggu. Akibatnya, anak akan mudah terserang penyakit.
 
Setiap orangtua sebaiknya menanamkan suatu prinsip dalam dirinya bahwa anak-anak harus bebas dari rasa sakit gigi dan memberi mereka awal kehidupan yang baik sehingga mereka mampu bersaing di masa depan, harapnya.
 
Ketua PDGI Siak drg. Akmal Hamdi menyatakan tujuan kegiatan ini dalam rangka memperingati hari kesehatan gigi sedunia. Selain kegiatan sikat gigi juga pelatihan kader dan penyuluhan, pemeriksaan gigi dan ekpos fit for scholl.
 
Kegiatan ini dilakukan serentak untuk seluruh cabang PDGI Riau bahkan seluruh Indonesia. Dipilihnya SD YPPI Perawang, karena dari jumlah murid yang banyak, targertnya 2000 siswa. "Terimakasih kepada pihak sekolah, UPTD Pendidikan Tualang dan sponsor PT Unilever Indonesia yakni Pepsodent,"ujarnya.
 
Pada kesempatan itu, dilakukan pula kursus singkat menyikat gigi yang diperagakan oleh Wakil Bupati Siak H Alfedri, Ketua TP PKK beserta Wakil, Kepala Dinas Kesehatan dan Ketua PDGI Siak drg. Akmal Hamdi. 
 
Untuk pelaksanaan acara ini panitia menyediakan satu paket berisi pasta gigi, sikat gigi dan air setiap peserta. Dan diharapkan, kegiatan ini, menjadi pengingat bagi para peserta sehingga mereka sejak saat ini akan terus menyikat gigi secara rutin pada pagi dan malam hari. (rls/roc)
Share
Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Usai berkunjung ke Provinsi Riau, Sumbar Juga Tiru Riau Tentang Pengumuman Penetapan Harga Sawit

    RIAU, PEKANBARU - Usai berkunjung ke Provinsi Riau beberapa waktu lalu, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat akan menerapkan sistem penetapan harga tandan buah segar (TBS) k

  • 2 minggu lalu

    Pemprov Riau akan Bentuk Satgas Penanggulangan Anak Putus Sekolah

    RIAU, PEKANBARU - Pemprov Riau akan membentuk Satgas penanggulangan anak putus sekolah dalam waktu tidak berapa lama ini. Hal ini dianggap mendesak, sebab angka rata-rata lama s

  • 4 minggu lalu

    Mengejutkan pengunjung, Bakso besar ibu Siswati ini berat-nya 15Kg

    Laporan : Bambang Sampurno, Dumai. bambangs@riauone.com

    SERBANEKA, - Menu Bakso Siswati hebohkan ulangtahun Citi mall yang ke dua tahun, menu spesial persembahan dari Baks

  • satu bulan lalu

    Server Niagahoster sering Gangguan bertuliskan "HTTP ERROR 500", Banyak Website Konsumen Terdampak

    TEKNO, - Jumat 17 Desember pagi antara pukul 06 WIB pagi hingga 08 WIB pagi website yang menngunakan server niagahoster terdampak, akibatnya banyak website di jam tersebut blank

  • Komentar
    Copyright © 2012 - 2022 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.